OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Bikin Fasad Putih Jadi Lebih Menarik Ada Triknya

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

Membuat-Fasad-Putih-Lebih-Menarik

Foto: ideaonline

Keelokan sebuah bangunan hunian tak hanya terlihat dari strukturnya saja. Permainan warna pun ikut menentukan menarik atau tidaknya sebuah rumah. Semisal fasad berwarna putih.

Fasad bisa dibilang wajah dari sebuah rumah. Dari sanalah penilaian pertama sebuah rumah tercipta. Bayangkan saja rumah dengan fasad berwarna kusam dan terdapat lumut di permukaannya. Pastinya akan mengesankan rumah yang kotor dan tak sedap dipandang.

Fasad berwarna putih mungkin kedengarannya kurang menarik dan cenderung monoton. Sebetulnya sih warna putih yang netral punya kelebihan sebagai warna dasar yang aman dan bisa dikombinasikan dengan warna lain.

Kalau kamu memilih fasad berwarna putih untuk rumahmu, oke saja sih. Tapi, ada kelebihan dan kekurangannya lho…. Mau menjadikannya lebih menarik? Ini tips yang bisa kamu simak!

Samarkan warna dengan bentuk dan tekstur. Kondisi serbaputih mungkin terkesan monoton. Namun, dengan adanya permainan bidang, permainan bentuk dan tekstur, cahaya memberikan unsur menarik bagi fasad putih.

Baca juga: Pencahayaan Fasad Perindah Eksterior Rumah

Kombinasikan warna putih dengan warna netral lainnya. Warna netral seperti cokelat, beige, abu-abu, olive, dan lainnya, akan bikin warna putih jadi lebih hangat. Kombinasi warna netral memberikan kesan kuat terhadap warna kombinasinya meski tidak mendominasi.

Gunakan aksesori maupun elemen fasad lainnya dalam warna dan motif menarik sesuai selera. Warna maupun motif yang menonjol dari warna putih sebagai latar akan sangat menarik. Aksesori maupun elemen fasad jadi lebih menonjol dan jadi pusat perhatian.

Yang perlu kamu perhatikan, porsi warna dan pola motif yang sesuai dengan skala bangunan. Jangan sampai terlalu mencolok atau membuat putih hanya sebagai pelengkap.

Meski fasad berwarna putih telah dirias seapik mungkin, tetapi penjagaan dan perawatannya harus diperhatikan. Kamu dapat memilih finishing yang mudah dibersihkan dan dapat “dicuci”.

Maksudnya, cat untuk fasad dapat dibersihkan dengan air layaknya sedang dicuci.  Lalu, kamu juga dapat memilih cat eksterior yang tahan terhadap air dan cuaca. Dengan begitu, fasad putihmu akan tetap mengilap!

Sumber: iDEA Books/iDEAonline.co.id


Tag: , , , , , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA