biaya renovasi rumah

Hanya dengan modal minimalis, kamu bisa mengubah tampilan fasad hunian jadi lebih memukau. Yuk, contek rancangan biaya renovasi rumah berikut dan desainnya berikut ini!

Kanal YouTube Pasutri Gaje Home Tour punya satu inspirasi rumah type 36 memukau yang baru saja direnovasi. 

Dari tampilan sebelumnya yang membosankan, cuma dengan biaya renovasi rumah sebesar Rp7 jutaan saja, “wajah” hunian sudah bisa dipermak menjadi estetis dan menawan. 

Menengok Wujud Hunian yang Dipugar dengan Biaya Renovasi Rumah Rp7 Jutaan

Renovasi Rumah Minimalis pada Area Fasad 

Dari segi pembangunan dan pengerjaan struktur di bagian depan rumah minimalis ini dikerjakan langsung oleh pihak keluarga. 

Cara ini dipilih untuk membantu menekan rencana anggaran biaya (RAB) renovasi yang biasanya membengkak saat harus menyewa tukang. 

biaya renovasi rumah minimalis tope 36

Hal ini tentu akan sangat membantu kamu untuk mengalihkan pengeluaran jasa ke bagian lainnya seperti pembelian bahan bangunan

Sebagai catatan, skema ini hanya berlaku jika kamu memiliki keluarga atau rekan yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang konstruksi rumah yang mumpuni. 

Jangan sampai hanya karena ingin menghemat biaya renovasi rumah, kamu malah asal-asalan mencoba meminta orang yang tidak memiliki kemampuan di bidang ini.

Carport yang Disulap Jadi Teras Minimalis 

Bagian depan yang dijadikan carport ini sudah dirancang dengan atap bawaan yang dibuat langsung oleh pihak pengembang properti. 

Demikian, biaya renovasi rumah pada area ini jadi bisa dipangkas cukup banyak karena tak perlu membeli material atap sama sekali. 

Ukuran carport sekitar 2x6 meter atau 12 meter persegi yang mana lebih kecil dari total keseluruhan area depan rumah tersebut. 

Pemilihan jenis treatment untuk membuat teras minimalis yang multifungsi mirip dengan area sebelumnya. 

Keramik dengan motif abstrak dipilih sebagai alas teras yang modern dan pastinya memiliki tampilan estetis. 

Di bagian pojoknya ditambahkan aksen wallpaper motif kayu untuk elemen tekstur agar nuansanya tak terlalu polos. 

Supaya makin menarik, beberapa tanaman hias ditata dengan rapi untuk memberikan sentuhan alami dan asri. 

Kaca Film Pelindung Privasi 

Ada satu hal yang menarik dan layak ditiru, yaitu trik penggunaan lapisan kaca film pada jendela. 

Tujuannya adalah untuk memberikan privasi maksimal bagi para penghuni rumah tanpa harus mengorbankan penerangan alami. 

Harganya yang murah tentu tidak akan menambah biaya renovasi rumah minimalis type 36 ini.  

Kaca film yang ditempelkan pada jendela akan mengatur pencahayaan dari dalam dan luar secara seimbang saat siang maupun malam hari.

Detail Material dalam Biaya Renovasi Rumah Type 36

Bahan yang digunakan sebagai tembok pelindung adalah bata merah sebanyak 300 buah yang dialas dengan keramik bermotif abstrak warna abu-abu. 

Sementara pada bagian penutup atasnya menggunakan material kanopi baja ringan CMP yang dipadukan dengan kanopi spandek serta GRC putih sebagai peredam getarannya. 

Tinggi tembok di area teras minimalis tersebut berkisar 1,5 meter dengan bagian atas yang dibuat sedikit bervariasi. 

Alhasil, aspek privasi di area tersebut tetap terjaga dengan baik ketika digunakan untuk duduk mengopi di sore hari atau sekadar bersantai. 

Dengan tinggi tembok yang setengah terbuka itu, bagian fasad rumah tetap terlindung dan pada saat yang bersamaan masih dapat menerima cahaya matahari dengan baik. 

Jika tidak digunakan untuk area bersantai, teras juga bisa dimanfaatkan untuk tempat meletakkan berbagai koleksi tanaman hiasmu alias dijadikan taman minimalis depan rumah yang memukau.

Biaya renovasi rumah juga bisa dihemat karena penggunaan material yang tidak terlalu banyak saat pembuatan bagian tembok dengan tinggi sebatas dada orang dewasa. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Citragrand CBD Cibubur!

***Sumber: YouTube Pasutri Gaje Home Tour
Bagikan:
24866 kali