Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
   

Kamu pengen beli rumah, tapi tanpa utang Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Bisa kok, salah satu caranya yakni dengan beli emas Logam Mulia (LM) dulu. Orang mau beli rumah kok malah beli emas LM dulu?

Ya karena dana yang kamu kumpulkan itu belum cukup  buat bayar DP rumah apalagi buat beli rumahnya. Sementara kalau itu dana duduk manis di rekening bank bakal gampang kamu pake buat keperluan sesaat semisal traveling.

Lagian kalau cuma disimpan di bank, udah bunganya gak seberapa, dana kamu itu bakal tergerus nilainya oleh inflasi yang biasanya 10 persen per tahun, balapan sama harga rumah yang kenaikannya sekitar 15-20 persen setahun.  jadi, menag harga rumah kan? Tapi, kalau kamu konversikan dana kamu dalam emas LM, maka nilainya tetap aman waktu kamu mau beli rumah nantinya.

Baca juga: Mau Beli Rumah? Bikin Tabungan Khusus untuk Itu!

Beli emas LM? Wah, kalau baru kerja emang mampu beli emas LM? Kan ada caranya. Semisal saat ini umur kamu masih 20 tahunan. Nah, justru karena baru 20-an maka masih ada waktu buat ngumpulin dana beli rumah. Masa sekarang inilah, saat kamu masih bisa bekerja produktif maka harus beli rumah. Sementara pendapatan kamu saat ini belum mampu untuk membeli rumah, lakukan aja dulu tiga cara berikut ini agar kamu bisa beli rumah:

Pertama, sisihkan 20 persen gaji

Bulatkan tekad untuk menyisihkan 20 persen dari nominal gaji bulanan kamu sejak kamu mendapatkan gaji pertama. Kalau gaji pertama kamu sudah lewat, ya mulai dari gaji bulan ini juga ga masalah. Pisahkan dana ini dalam rekening khusus.

Baca juga: Gideon Johanes, Terima Hadiah Emas LM yang Tak Diduga

Kedua, investasi emas LM

Kalau tabungan kamu di rekening khusus tersebut udah mencapai jumlah yang lumayan gede, segera konversikan uang tersebut ke dalam emas LM. Mungkin kamu bisa belie mas LM yang  beratnya sekitar 25 gram. Mengenai harganya, kamu bisa lihat di internet karena harga per gram emas LM bisa berubah setiap harinya. Kenapa eli emas LM? Karena harga emas cenderung lebih stabil dibandingkan nilai tukar mata uang.

Pada saat perekonomian suatu negara sedang tidak stabil dan mata uangnya tergerus nilai tukar mata uang negara lain, harga emas LM gak akan terpengaruh secara signifikan. Selain itu, dengan asumsi kenaikan harga emas LM sebesar 15-20 persen, dan properti 10-15 persen, maka emas yang kamu kumpulkan itu nilainya akan lebih cepat naik ketimbang harga rumah yang kamu idamkan.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Kocek Milenial Ga Sehat

Ketiga, konsisten dan persisten mempersiapkan dana buat beli rumah

Pada saat investasi emas LM kamu sudah mencukupi nilainya dengan harga rumah yang kamu mau beli, segeralah kamu survei bursa properti untuk menemukan rumah yang sesuai dengan nilai emas LM kamu itu. Carilah lokasi rumah yang strategis, bila mungkin yang dekat dengan kampus atau pusat bisnis agar harganya meningkat begitu kamu ingin menjualnya.

Bagikan: 649 kali