OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Biar Rumah Ga Sumpek, Bikin Rak Gantung Dong...

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Inge Mangkoe

Sumber Foto: IDEA Online

Sumber Foto: IDEA Online

Kadang, rumah sempit bikin bete. Masalahnya, banyak perabotan yang ga bisa masuk meski kita menginginkannya. Ga cuma itu, kebanyakan barang pun malah akan membuat rumah terkesan makin sempit.

Nah, biar kebutuhan akan perabotan tetap terpenuhi tanpa membuat rumah sumpek, kita memang harus kreatif. Misalnya, memilih rak gantung sebagai tempat penyimpanan barang seperti buku, aksesori ruangan, hingga piring.

Rak gantung di pasaran memang banyak, kok. Harganya juga bervariasi sesuai bahan material dan ukurannya.

Baca juga: Rak Colorful Keren Juga…

Meski begitu, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Selain lebih menghemat biaya, kamu bisa menyesuaikan desain dan ukurannya dengan tema ruangan. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut:

Hal yang perlu kamu ingat sebelum membuat rak gantung adalah menemukan area kosong pada dinding. Di sanalah kamu akan menempatkan rak tersebut.

Maksudnya, jangan sampai kamu menempatkan rak gantung di area yang sudah penuh. Kalau itu yang terjadi, ya sama saja dong, rumah akan terlihat sumpek.

Selanjutnya, pilih bahan rak. Kamu bisa membuatnya dari bahan dasar kayu, baik yang sisa maupun baru. Jika menginginkan tekstur dan warna yang khas, pilihlah jenis kayu jati Belanda atau pinus. Idealnya, panjang kayu 71 cm.

Baca juga: Trik Menyulap Dinding Jadi Lemari

Sebaiknya, kamu membiarkan warna asli kayu. Jika kurang suka, kamu dapat mewarnainya sesuai kesukaan. Kamu hanya perlu menyiapkan cat kayu.

Jangan lupa juga menyiapkan tambang berdiameter 2 cm dengan panjang sekitar 1 meter. Lalu, siapkan 12 paku semat masing-masing sepanjang 5 cm.

Setelah bahan-bahan siap, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur jarak 2,54 cm dari keempat sisi papan dan tandai. Kemudian lubangi tanda tersebut dengan bor sehingga menghasilkan empat buah lubang di setiap papan.

Baca juga: Menata Rumah Mungil

Bagi tambang menjadi dua. Balut ujung tambang dengan isolasi atau lakban agar proses memasukkan tambang lebih mudah. Bariskan empat papan tadi dengan posisi lubang sejajar.

Masukkan tambang di lubang sisi kanan, mulai dari papan paling bawah. Sisakan tambang dan masukkan lagi ke lubang di sisi kiri. Ikat sisa tambang. Lakukan proses yang sama dengan kedua baris lubang sisanya.

Masukkan paku semat di tengah alur tambang agar posisi papan tidak bergeser. Setelah itu, gantung papan di tempat yang telah disediakan. Isi dan hias dengan barang-barang favorit kamu. Mudah, bukan?

Sumber: IDEA Online


Tag: , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA