OK
Panduan

Biar Kecil, Ruang Tamumu pun Bisa ...

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

furnitur ruang tamu

Siapa pun tahu, ruang tamu itu penting untuk rumah. Bagaimana dengan kamu? Meskipun rumahmu jenis yang mungil, bagaimanapun tetap saja kamu harus mengupayakan adanya ruang tamu.

Kamu bisa tetap membuat ruang tamumu nyaman kok meski ukurannya kecil. Selain butuh ditata rapi, ruang tamu juga perlu ditata sesuai dengan tema atau gaya desain rumahmu. Jangan lupa, ruang tamumu adalah penentu kesan pertama tentang rumahmu.

Kamu boleh saja menggunakan konsep simpel untuk ruang tamumu. Kalau konsep ini yang kamu pilih, maka minimalkan barang-barang di ruang  tamumu, baik jumlahnya maupun ukurannya.

Tapi, jangan kamu singkirkan meja dari ruang tamumu yah. Tanpa meja, ruang tamumu jadi kurang fungsional.  Kalau gak ada meja, di mana nanti  tempat meletakkan suguhan buat tamumu?

Kamu pun bisa menghias ruang tamumu dengan lukisan dinding atau benda seni lainnya. Hanya saja jangan terlalu banyak hiasan. Hiasan yang  padat malah membuat ruangan terasa sempit sehingga mengganggu kenyamanan.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Khas Jepang, Mau?

Karpet pun bisa kamu gelar di ruang tamu. Bila ruang tamumu kecil, jangan pakai karpet yang terlalu besar. Hal ini dapat membuat ruangan terlihat semakin kecil. Sebaliknya, kalau ruang tamumu cukup besar, jangan gunakan karpet yang kecil karena ruangan jadi terkesan kosong dan tak proporsional.

Setiap ruangan tentunya butuh pencahayaan. Untuk ruang tamu, hindari pencahayaan yang terlalu terang. Kalau silau, kenyaman tamumu jadi terganggu. Ruang tamu bisa kamu beri pencahayaan yang teduh.

Keseimbangan warna pada ruang tamu, juga faktor yang perlu kamu perhatikan. Jangan biarkan dinding, sofa, meja, dan kursi memiliki warna yang senada, sehingga membosankan.

Dengan kreativitas, kamu dapat memadukan beberapa warna pada ruang tamumu sehingga tampilannya enak dipandang. Paduan warna yang selaras menjadi daya tarik tersendiri untuk ruang tamumu. Selamat berkreasi.


Tag: , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA