Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Salah satu nasihat ketika kamu akan beli hunian yaitu faktor lokasi, bukan? Emang bener sih, lokasi akan menentukan juga nilai rumah kamu di masa depan selain faktor-faktor yang lain. Tapi, kalau lokasinya jauh dari Jakarta, aksesnya bagus, ya bukan masalah kan?

Head of Advisory JLL Indonesia, Vivien Harsanto, seperti dikutip Kontan.co.id, Kamis (19-7-2018) mengatakan, pembangunan infrastruktur adalah penopang penjualan rumah di wilayah Bodetabek. Selain itu, juga faktor fasilitas pendukung di sekitar perumahan. Ia memberi contoh pembangunan AEON Mall di Sentul, Bogor, yang mendongkrak penjualan properti di kawasan itu.

Data terbaru Jones Lang LaSalle (JLL) per semester 1/2018, menunjukkan bahwa penjualan rumah di Kabupaten Tangerang, Banten, paling rame. Sekitar 72% rumah di area township atau proyek skala kota yang dipasarkan selama paruh pertama tahun ini, berada di Kabupaten Tangerang. Kebanyakan peminatnya adalah end user atau pembeli rumah untuk dihuni sendiri. Tipe rumah yang paling banyak diminati adalah tipe dua kamar dan tiga kamar dengan harga berkisar Rp600 juta hingga Rp2 miliar per unit.

Baca juga: Bakal Ada Bus Murah Se-Jabodetabek, Makin Ga Asik Beli Mobil, Beli Rumah Aja!

Menurut catatan JLL, ada peningkatan penjualan rumah di Bodetabek selama Semester I/2018 sekitar 6.000 unit. Secara keseluruhan, penjualan rumah di Bodetabek pada Semester I/2018 mencapai 71% dari total stok, lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama, yakni 69% dari total stok.

Berikut ini beberapa pilihan rumah di wilayah Bodetabek yang bisa kamu jajaki:

Proyek Hunian di Sentul

Harita Group, melalui PT Cipta Harmoni Lestari, membangun dan mengembangkan kondominium dan perumahan seluas 24,6 hektare. Proyek ini dikembangkan dengan menggandeng pengembang asal Sinagapura, Perennial Real Etate Holdings.

Serpong Banara di Tangsel

Selain di Sentul, Harita Group juga membangun dan mengembangkan perumahan Serpong Banara di Tangerang Selatan (Tangsel). Kali ini melalui anak perusahaannya, PT Serpong Bangun Cipta.

Baca juga: Masih Ragu Tinggal di Bodetabek? Bakal Jadi Megapolitan Lho!

Millennium City di Parung Panjang

Proyek seluas 3.000 hektare dan berada di Kabupaten Bogor ini adalah karya PT Hanson International Tbk bersama Century Properties Group, perusahaan milik konglomerat Tan Kian. Harga rumah ini sekitar Rp600 juta per unit yang dirilis sejak April 2018.

Madinah City di Bekasi

Madinah City yang dikembangkan oleh Darusalam Madani Properti, punya luas pengembangan 1.000 hektare. Harga per unitnya mulai Rp269 juta.

Superblok di Bekasi

Adanya proyek infrastruktur Light Rail Transit (LRT) di Bekasi membuat PT Pakuwon Jati Tbk melihat potensi wilayah ini dengan segera akan mengembangkan proyek superblok seluas 3,6 hekatre.

Baca juga: Harga Tanah di Jakarta Naik 22-33 Persen per Tahun, Beli Rumah di Bodetabek Ajalah!

"Proyek di Bekasi ini memang cukup strategis karena hanya 300 meter dari stasiun LRT dan dekat dengan Pintu Tol Bekasi Barat," kata Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, Stephanus Ridwan, seperti dikutip Kontan.co.id, 28 Juni 2018.

Akan berdiri 4 menara apartemen dengan total luas area 118.000 meter persegi (m2), mal seluas 71.000 m2, dan hotel bintang 4 dengan 330 kamar. Kawasan superblok ini bakal dibangun tahun depan dengan harapan rampung 4 tahun kemudian.

*

Bagikan: 1429 kali