Stasiun Tanjung Priok merupakan salah satu stasiun tua yang terletak di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dengan konsep hunian TOD, dari stasiun ke satsiun lain hanya dalam hitungan menit saja. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Harga hunian di Jakarta, baik apartemen, apalagi rumah tapak, terus melesat bak roket. Kota-kota penyanggah Jakarta berulang kali digaungkan sebagai alternatif paling masuk akal bagi milenial agar bisa segera memiliki hunian sendiri. Sayangnya, hanya sedikit yang mau menerima kenyataan ini, sementara sisanya masih menyimpan mimpi bisa tinggal di tengah Kota Jakarta.

Kawasan penyanggah Jakarta itu tidak jauh, kok! Masih pinggiran Jakarta, bukan luar Pulau Jawa! Sayangnya, meski tidak secepat Jakarta, harga hunian di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) juga ikut merangkak naik. Ketika Bodetabek dianggap jauh, lantas daerah mana yang masih dekat dan harganya terjangkau?

Baca juga: 5 Hunian TOD di Jakarta Berharga Terjangkau dan Lokasi Strategis, Mau?

Menurut Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung, definisi jauhnya jarak saat ini seperti sudah bergeser. “Jauh itu gak lagi dilihat dari kilometer, tapi dari berapa lama waktu tempuhnya. Jadi defines jauh itu sekarang ukurannya menit,” kata Untung.

Walau secara kilometer terlihat jauh, namun dengan transportasi yang mendukung, bisa jadi lebih cepat ditempuh. Bandingkan jika tetap tinggal di tengah Jakarta, namun mengharus kamu menembus kemacetan di sana-sini, alhasil akan tetap lebih lama mencapai tempat tinggal, bukan?

Baca juga: Update! Cara Dapatkan Hunian TOD Stasiun Tanjung Barat

Transit Oriented Development

Salah satu terobosan yang mulai dikembangkan pemerintah adalah pembangunan hunian berbasis Transit Oriented Development (TOD). Hunian, kebanyakan berupa rumah susun atau apartemen, dibangun melekat dengan jalur transportasi. Tujuannya, jelas mempermudah penghuni mengakses transportasi.

TOD kebanyakan dikembangkan di pinggir Jakarta. Sebut saja Tanjung Barat, Klender, Cimanggis, Depok, dan Bekasi Timur yang kini sudah dimulai pengembangannya. Masih banyak area lain yang juga mulai dilirik developer untuk proyek sejenis ini.

Baca juga: Hunian TOD Stasiun Juanda, Tanah Abang, dan Senen Mulai Dibangun

Bayangkan, cukup turun menggunakan lift ke lantai dasar, kamu bisa langsung menggunakan kereta ke pusat Jakarta. Meski tinggal di “pinggiran”, waktu tempuh yang dibutuhkan mencapai lokasi kerja hanya dalam hitungan menit pastinya sangat membantu kan?

Sudah waktunya mengubah pola pikir dan pandang, karena apapun dalam hidup juga terus berubah. Seperti usia milenial yang pada saatnya juga akan tiba di masa pensiun. Kalau masih menunggu, masihkah mau terus mengontrak atau kost kala usia pensiunmu tiba?

 
Bagikan:
1926 kali