OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Bersihkan Dapur dengan Bahan Dapur, Dijamin Murmer!

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

rak dapur terbuka

Foto: Rumah123/iStock

Kamu perlu menjaga kerapihan dan kebersihan dapurmu agar merasa nyaman saat beraktivitas di situ. Dapur bisa dibagi menjadi tiga bagian utama, yakni untuk menyimpan makanan, mempersiapkan bahan yang akan diolah, dan kegiatan masak.

Pembagian tiga area kerja ini sebaiknya sih kamu terapkan. Ini akan membantu kamu menjaga dapur tetap bersih dan rapi, terhindar dari barang-barang yang kamu letakkan sembarangan sehabis digunakan.

Sehabis memasak biasanya dapur menjadi kotor karena bekas olahan bahan makanan, tumpahan minyak, jelaga di kompor atau oven. Kamu sebaiknya membersihkan dapur secara cepat dan tepat agar kotoran tidak menumpuk dan menempel sehingga jadi sulit membersihkannya.

Berikut ini beberapa langkah mudah membersihkan dapur dengan bahan alami yang juga ada di dapurmu.

Baking Soda

Baking soda dapat kamu gunakan untuk membersihkan oven, kompor, wajan, dan sebagainya. Taburkan baking soda ke tempat yang ingin kamu bersihkan, lalu semprotkan noda yang menempel dengan air agar tetap lembab. Diamkan selama semalam dan bersihkan peralatan masak saat pagi dengan mudah.

Baca juga: Gak Keduga, Beginilah Cara Bersihkan Peralatan Rumah yang Susah

Larutan Cuka

Untuk bagian dapur yang terkena kotoran bekas makanan mengering dan susah dibersihkan, kamu dapat menggunakan cuka. Isi seperempat gelas dengan cuka, lalu campurkan dengan air hangat, lalu siramkan atau oleskan dengan kuas pembersih ke bagian-bagian yang mau kamu bersihkan. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih sambil digosok.

Campuran Baking Soda, Perasan Lemon, dan Air Hangat

Campurkan baking soda dengan air hangat dan perasan beberapa buah lemon sebagai penambah aroma. Gosokan pada lantai, meja, ubin lantai atau bagian dapur yang kotor dan terkena noda-noda dengan menggunakan kain.

Pasta Baking Soda dan Cuka

Untuk kotoran pada wastafel dapur stainless steel yang sangat lengket dan sulit dibersihkan, kamu dapat menggunakan campuran pasta baking soda dan cuka, kemudian gosokkan ke tempat yang ingin dibersihkan.

Nah, kini dapurmu pun jadi bersih dan kinclong!


Tag: , , , , ,