Foto: Rumah123/iStock
 

Tahu ga kamu, keset ada beragam jenis? Keset sabut, keset karet, keset dari kain perca atau sisa potongan kain, dan keset microfiber. Keset berfungsi mengurangi kotoran yang melekat pada alas sepatu atau sandal.

Meski setiap saat digunakan, tapi ada kalanya keset juga harus kamu bersihkan. Berikut ini cara membersihkan keset sesuai jenisnya.

Keset Karet

Cara membersihkannya cukup kamu menyikatnya dan tambahkan deterjen agar semakin bersih. Kemudian, arahkan air di selang ke keset tersebut.

Setelah itu, keringkan keset di tempat terbuka. Keset karet tidak membutuhkan banyak cahaya matahari untuk mengeringkannya.

Baca juga: Berapa Kali Kamu Cuci Keset? Ayo Ngaku! 

Keset Sabut

Keset satu ini agak rumit. Sebelum dibersihkan sebaiknya pakai vacum cleaner dulu atau kamu kibas-kibaskan dulu debunya. Setelah itu, gunakan sabun cair dan sikat.

Sikat keset berbahan sabut ini dalam ember, lalu bilas. Kemudian, jemur di bawah matahari yang agak lama.

Baca juga: Ingat Ya, Jangan Lupa Mempercantik Teras Rumah

Keset Kain

Sama seperti halnya dengan keset sabut, keset kain perlu kamu kibas-kibaskan dulu sebelum dibersihkan. Sediakan ember berisi air. Gunakan garam satu sendok makan dan larutkan. ]

Masukkan keset ke dalam ember, lalu sikat. Setelah itu, bilas dan keringkan. Sebaikanya keset kain jangan digantung dengan posisi terlipat agar keringnya bisa merata.

Baca juga: Kamu Ga Mau Beli Handuk Mulu Kan? Jadi, Rawat Dong! 

Keset Microfiber

Keset dari bahan handuk (microfiber) bisa dibersihkan secara manual sama seperti keset bahan lainnya. Namun, bisa juga menggunakan mesin cuci.

Seperti biasa, jangan lupa kamu kibas-kibaskan dulu sebelum dimasukkan ke mesin cuci atau dibersihkan. Pastikan pembersihan keset jangan bercampur dengan pakaian ya.

Baca juga: Rumah Semakin Nyaman dengan Menghadirkan Hal-Hal Ini!

Mencuci keset sebaiknya kamu lakukan sebulan sekali agar keset bisa bertahan lama dan tidak tampak jorok. Tapi, keset berbahan sabut jangan terlalu sering kamu cuci. Bisa merusak sabutnya. Sebaiknya rutin disapu atau disedot saja dengan vacuum cleaner.

Bagikan: 1109 kali