Kota Baru yang Didesain oleh Biro Arsitek asal Inggris, Foster + Partners (Rumah123/Dezeen)

Sebuah kota baru akan dibangun. Luasnya mencapai 217 km persegi. Kota ini akan menjadi ibu kota baru dari negara bagian Andhra Pradesh, Amaravati. Andra Pradesh merupakan salah satu negara bagian atau propinsi di India.

Luas kota baru ini nyaris sama dengan luas kota Medan, ibu kota propinsi Sumatera Utara. Atau kurang separuh dari luas Jakarta.

Baca juga: Mau Tinggal di Kota Paling Nyaman Sedunia? Yuk, Pindah Rame-rame

Sebanyak 60 persen dari area kota akan diisi oleh area hijau seperti taman dan pohon serta air dalam bentuk kolam dan danau. Tidak ketinggalan, ada area untuk pengguna sepeda, jalur transportasi air, dan rute untuk mobil elektrik atau listrik. Kendaraan ramah lingkungan memang mendapatkan porsi yang banyak.

Selain itu,  jalan dan persimpangan didesain agar orang mau berjalan kaki. Semuanya memang didesain agar ramah lingkungan.

Baca juga: Ini Dia Rumah Masa Depan, Rumah dengan Cetakan 3D

Biro arsitek asal Inggris, Foster + Partners mendesain Amaravati. Nantinya, kompleks pemerintahan memiliki area luas, panjang 5,5 kilometer dan lebar 1 kilomeer.

Area pusat pemerintahan dan kawasan hijau akan mirip dengan Central Park di New York, Amerika Serikat dan desain Edwin Lutyen di Delhi, India. Amaravati akan berada di tepi sungai Krishna.

Baca juga: Punya Nyali Buat Pindah ke Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia?

Pada bagian tengah kota, ada 13 plaza yang melambangkan 13 distrik. Kawasan kota juga akan dikelilingi oleh danau.

 “Desain akan menyatukan riset selama satu dekade mengenai kota yang berkelanjutan, memasukkan teknologi terbaru yang sedang dikembangkan di India,” ujar Foster + Partners seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Google Bakal Bangun Kota Masa Depan, Wah Seperti Apa Ya?

Kota ini akan memiliki sejumlah fasilitas pemerintahan, gedung parkemen, museum, galeri, dan lainnya. Perumahan dan perkantoran bakal tertata rapi dalam kota ini.

Wah, asyik ya kalau ada kota masa depan seperti ini. Warga kota bisa berjalan kaki dengan nyaman, naik sepeda dengan santai, dan bisa menikmati transportasi umum tanpa polusi. Kapan ya ada kota seperti ini di Indonesia?

Baca juga: Oman Bakal Punya Kota Masa Depan, Indonesia Kapan Ya?

Kota Baru Ini Bernama Amaravati dan Menjadi Ibu Kota Negara Bagian Andhra Pradesh (Rumah123/Dezeen)
Amaravati Memiliki Luas 271 Kilometer Persegi (Rumah123/Dezeen)
Kota Ini Didesain Ramah untuk Pejalan Kaki, Pengguna Sepeda, serta Mobil Listrik (Rumah123/Dezeen)
Kota Ini Memiliki Taman, Danau, Taman, dan Plaza (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 615 kali