Inspirasi taman terbuka yang berada di tengah rumah. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto
 

Wiken bisa kamu jadwalkan jadi waktu berkegiatan menyenangkan di rumah bersama keluarga. Gimana kalau berkebun? Selain menyenangkan mungkin bisa jadi hobi baru buat anggota keluargamu.

Meski tampak gampang, namun ada banyak hal yang harus kita perhatikan ketika berkebun di rumah. Ada beberapa hal mendasar yang menjadi penentu tanaman bisa tumbuh dengan baik, sehingga kita dapat menikmati hasilnya.

Baca juga: Taman di Dalam Rumah

Lokasi Berkebun

Ini hal pertama yang harus kamu pertimbangkan kalau mau berkebun di rumah. Sebaiknya tidak asal dalam menentukan bagian mana di halaman rumah yang akan dijadikan tempat berkebun.

Posisi taman untuk berkebun sebaiknya tidak jauh dari pintu atau jendela rumah. Dengan begitu, kamu dan keluarga dapat menikmati pemandangan hijau dari dalam rumah. Efek psikologisnya, kamu jadi lebih semangat untuk merawat taman di rumah.

Pastikan pula bahwa tempat yang kamu pilih mendapat sinar matahari yang memadai. Tanaman tentunya akan sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan.

Kadar pH Tanah

Apabila kamu telah memastikan lokasi berkebun yang tepat, hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah kadar pH pada tanahnya. Kadar pH netral yang baik untuk pertumbuhan tanaman berkisar 6,2-6,8.

Ketika lokasi dan tanah telah siap, pastikan pula lahan tersebut tidak ditumbuhi tanaman liar yang dapat menjadi parasit bagi tanaman. Ada baiknya kamu menyingkirkan terlebih dahulu vegetasi liar atau gulma di area berkebun agar tanaman tersebut tidak mengganggu tanamanmu.

Baca juga: Merawat Taman Bisa Bikin Awet Muda, Lho!

Jenis Tanaman

Setelah semua siap, kamu tinggal memilih jenis tanaman yang sesuai dan tampak ideal untuk lahanmu. Apabila lahanmu sempit, pilihlah jenis tanaman yang berukuran kecil.

Kamu pun dapat memilih jenis tanaman yang paling kamu sukai agar semakin semangat dalam berkebun. Pastikan kamu menanamnya di pagi hari dengan kondisi tanah yang sudah dibasahi dan gembur, sehingga tanaman dapat tumbuh subur. Selamat berkebun!

Aplikasi tanaman gantung yang memanfaatkan ruang kosong pada dinding. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto
Bagikan:
12126 kali