Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, baru-baru ini menyatakan akan mengumpulkan ahli hukum untuk membuat surat wasiat.

Dilansir dari Suara.com, menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, makna surat wasiat yang akan dibuat Prabowo tersebut adalah bentuk bahwa ia akan meninggalkan harta yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat luas.

Membuat surat wasiat sangatlah penting

surat wasiat prabowo - rumah123.com

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa surat wasiat biasanya berisi tentang pernyataan sah di mana penulisnya mencalonkan beberapa orang untuk mewarisi hartanya apabila pewasiat meninggal dunia.

Selama berkarier di dunia militer, politik, hingga bisnis, Prabowo memiliki harta kekayaan yang cukup banyak. Membuat surat wasiat tentunya menjadi sangat penting, mengingat persoalan pembagian harta warisan bahkan bisa menimbulkan perpecahan.

Baca juga: Surat Tanah Hilang? Jangan Panik, Gampang Kok Mengurusnya!

Surat wasiat bukanlah hal yang tabu

surat wasiat prabowo - rumah123.com

Belajar dari kisah tersebut, apakah kamu sudah mempersiapkan surat wasiat seperti Prabowo? Sebagian dari kamu mungkin berpandangan kalau membahas surat wasiat itu tabu, seolah-olah mengharapkan kematian seseorang. Padahal, surat wasiat bisa mempermudah untuk menentukan siapakah yang berhak memperoleh hak milik atas harta warisan.

Surat wasiat bukanlah hal yang tabu, bahkan memiliki dasar hukum yaitu Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) beserta berbagai hukum yang terkait, termasuk hukum Islam dan hukum adat sesuai dengan sistem yang dianut.

Baca juga: Jangan Salah, Surat Perjanjian Jual Beli Ternyata Berbeda dengan Akta Jual Beli

Tanpa surat wasiat, bisa muncul sengketa

surat wasiat prabowo - rumah123.com

Dengan adanya surat wasiat, pembagian harta tersebut akan lebih adil sesuai kuasa dari pemberi wasiat. Apabila tidak, akan memicu sengketa karena pembagian yang tidak merata. Misalnya, sepasang suami istri meninggal dunia dan meninggalkan sebuah rumah seluas 500 m2.

Mereka memiliki dua orang anak yang usianya sudah cukup dewasa. Tanpa surat wasiat, tidak ada pembagian harta tersebut secara legal. Yang terjadi, kedua orang anak bisa saling berebut. Dengan adanya surat wasiat, peninggalan berupa harta dan lainya dapat dibagikan sesuai amanat.

Sekali lagi, jangan menyangka bahwa membuat surat wasiat adalah hal yang tabu. Rencanakan surat wasiat sejak dini untuk mengantisipasi konflik yang mungkin terjadi terkait pembagian harta. Seperti yang Prabowo yang sedang dalam tahap menulis surat wasiatnya, yuk, rencanakan warisan kita dengan bijak melalui surat wasiat!

Bagikan: 1526 kali