Pernah mendengar daun binahong? Mungkin sebagian besar dari kamu masih asing dengan nama tersebut.

Daun Binahong - rumah123.com

Tanaman dengan daun berbentuk hati ini ternyata menyimpan segudang manfaat lho. Tak hanya itu, binahong sangat mudah untuk tumbuh di sekitar rumah. Wah, kamu yang hobi berkebun jadi semakin penasaran deh untuk menanam tanaman menjalar satu ini di rumah. Tapi sebelum itu, simak bersama-sama dulu yuk manfaat apa saja yang dimiliki oleh daun ini. 

Daun binahong mampu melindungi paru-paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang paling vital untuk menunjang pernapasan. Tapi mengingat polusi di daerah perkotaan Indonesia, khususnya Jakarta, sangatlah buruk. Ditambah lagi jika kamu dikelilingi oleh perokok, maka paru-parumu sangat rentan rusak. Untuk melindunginya, kamu bisa mengomsumsi binahong. Rebus 10 lembar daun dengan air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut secara rutin. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Sedang Populer di Kalangan Pecinta Berkebun

Daun binahong dikenal sebagai pereda nyeri menstruasi

Sering mengalami kram menjelang dan selama menstruasi datang? Binahong mampu meredakan rasa nyeri tersebut. Cara konsumsinya pun sama, namun tak perlu banyak helai daun yang direbus, cukup 3 saja. Minum air rebusan binahong secara rutin ketika siklus menstruasi mulai datang. 

Daun binahong dapat menyembuhkan wasir

Untuk penderita wasir, binahong sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Coba saja kamu rebus 16 helai daun hingga matang, dan minum air hasil rebusan tersebut secara rutin. Lalu buktikan sendiri khasiatnya.  

Daun binahong dapat menjadi obat jerawat

Kamu tak perlu obat jerawat mahal-mahal untuk mempercantik wajah. Apabila kamu punya masalah jerawat, maka kamu bisa memanfaatkan daun ini untuk menjadi obat. Ambil 5 helai binahong, dan tumbuk hingga hancur. Sebelum tidur, oleskan hasil tumbukan tersebut ke seluruh wajah. Noscaya, jerawat akan hilang secara perlahan. 

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Obat Penuh Manfaat yang Mudah Ditanam Sendiri di Rumah

Daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh 

Pasca bekerja seharian penuh, tentu tenaga akan terkuras. Untuk mengembalikan stamina, kamu bisa minum air rebusan binahong sepulang bekerja. Supaya khasiatnya lebih maksimal, tambahkan telur dan madu pada air binahong yang hendak diminum. 

Daun binahong dapat mengatasi maag

Maag merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Walaupun sudah banyak obat maag yang dijual bebas, akan lebih baik jika kamu menggunakan obat-obatan alami seperti binahong. Minum air rebusan binahong setiap kamu merasakan nyeri maag. 

Daun binahong dapat menjadi obat luka

Pengobatan luka menggunakan tanaman memang terkenal sejak dulu. Namun sudah jarang orang yang menggunakan tanaman lagi untuk mengobati luka. Salah satu tanaman yang ampuh untuk dijadikan obat luka adalah binahong. Dalam binahong, terdapat kandungan asam arkobat dan minyak atsiri. Keduanya merupakan antiseptik alami. Apabila kamu mengalami luka, maka bisa mencoba untuk menumbuk bagian daunnya hingga halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terluka.

Bagikan: 15483 kali