ibu kota baru- rumah123.com Samarinda, Kalimantan Timur. Dua Kabupaten di Kalimantan Timur, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Akan Menjadi Ibu Kota Baru Indonesia. Saatnya Mencari Tahu Harga Tanah dan Properti di Kutai Kartanegara (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara akan menjadi ibu kota baru Indonesia. Ingin berinvestasi properti, saatnya mencari tahu harga tanah di Kutai Kartanegara.

Sederetan media memberitakan bahwa Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi pada Senin (26/8/2019) bahwa ibu kota Indonesia yang baru berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Spekulasi mengenai kepindahan ibu kota akhirnya terjawab. Sebelumnya, ada sejumlah provinsi termasuk Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang menjadi kandidat ibu kota baru untuk menggantikan Jakarta.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Berapa Harga Tanah di Ibu Kota Baru, Penajam Paser Utara

Presiden mengungkapkan sejumlah alasan kenapa ibu kota harus pindah. Joko Widodo juga memaparkan alasan terpilihnya kedua kawasan ini menjadi ibu kota baru.

Sejumlah sarana dan infrastruktur telah tersedia di kedua wilayah ini. Lokasi ibu kota baru dekat dengan Balikpapan dan Samarinda, dua kota terbesar di Kalimantan Timur. Samarinda merupakan ibu kota provinsi, sementara Balikpapan adalah kota bisnis dan industri.

Jalan tol pertama di Kalimantan yang menghubungkan kedua kota ini akan beroperasi dalam waktu dekat. Fasilitas yang ada membuat Kalimantan Timur siap menjadi ibu kota baru.

Sekilas Informasi Kutai Kartanegara

Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan kelanjutan dari Kabupaten Kutai. Sebelumnya, ada pemekaran wilayah yang membagi Kutai menjadi empat kawasan. Salah satunya adalah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kutai Kartanegara beribu kota di Tenggarong. Luas wilayah kabupaten ini adalah 27.263 kilometer persegi (km2) dengan jumlah penduduk 655 ribu jiwa.

Wilayah Kutai Kartanegara memang lebih luas bila dibandingkan dengan Penajam Paser Utara. Tidak heran juga kalau kawasan ini berbatasan dengan sejumlah area lainnya.

Baca juga: Ibu Kota Baru Indonesia Berlokasi Di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu pada bagian barat. Kutai Kartanegara berbatasan dengan Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, dan juga Selat Makassar pada bagian timur.

Sementara pada bagian selatan, kabupaten ini berbatasan dengan Kota Balikpapan dan juga dengan Penajam Paser Utara yang juga sama-sama menjadi ibu kota baru Indonesia. Kutai Kartanegara juga berbatasan dengan Kabupaten Malinau yang masuk provinsi Kalimantan Utara, provinsi termuda yang juga hasil pemekaran Kalimantan Timur.

Harga Tanah di Kutai Kartanegara

Situs properti Rumah123.com memiliki sejumlah listing tanah yang dijual di Kutai Kartanegara. Rumah123.com merupakan bagian dari REA Group Australia.

Saat mengulas harga properti di Penajam Paser Utara, ada tanah dan rumah yang dijual, maka di Kutai Kartanegara hanya ada sejumlah tanah yang dipasarkan.

Tanah ini berada di Samboja, Muara Jawa, Sanga Sanga, Tenggarong, hingga Kota Bangun. Harga tanahnya bervariasi mulai dari yang terendah mulai dari Rp80 ribu per meter persegi, Rp150 ribu per m2, Rp250 ribu per m2, Rp500 ribu per m2, Rp800 ribu per m2, hingga Rp4 juta per m2.

Baca juga: Ibu Kota Baru Indonesia Harus Memiliki Transportasi Massal MRT

Harga tanah termahal adalah Rp4 juta per m2 yang berada di Tenggarong, ibu kota Kutai Kartanegara. Sementara yang termurah berada di Samboja senilai Rp80 ribu per m2.

Yang menarik justru dua kavling tanah yang dipasarkan di Samboja, salah satu kecamatan di Kutai Kartanegara. Samboja akan menjadi calon lokasi ibu kota baru.

Agen properti yang memasarkan dua kavling tanah ini menuliskan kata-kata, “Lahan luas 30 ha lokasi Samboja pinggiran ibukota dekat Jembatan Penajam, Samboja, Kutai Kartanegara.”

Baca juga: Indonesia Mau Pindah Ibu Kota, Belajar ke Malaysia Saja

Sementara satu kavling lainnya memiliki tulisan, “Tanah pinggiran ibu kota dekat Jembatan Penajam, SHM, Samboja, Kutai Kartanegara.” Bagaimana nih, tertarik untuk berinvestasi tanah atau properti di ibu kota baru?

Bagikan: 3560 kali