Hampir setiap rumah pasti memiliki barang-barang elektronik di dalamnya. Seperti televisi, AC, kulkas, mesin cuci, dispenser, semuanya juga digunakan non stop setiap hari.

barang elektronik - rumah123.com Jika barang elektronik sudah melewati batas umur, artinya sudah saatnya untuk menggantinya. (Rumah123/Getty Images)

Lantaran fungsinya yang sangat esensial, banyak orang yang berhati-hati dalam menggunakan barang-barang tersebut. Tapi, tahukah kamu bahwa barang elektronik juga memiliki batas umurnya? Merawat barang-barang memang bisa membuatnya lebih tahan lama. Namun jika barang tersebut sudah melewati batas umur, artinya sudah saatnya untuk menggantinya.

Nah, mengingat barang elektronik tak murah harganya, sebaiknya kamu mengetahui umur dari masing-masing barang elektronik berikut ini. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan dana ketika waktunya sudah tiba!

Kulkas

Mungkin banyak yang mengira bahwa kulkas panjang umurnya. Memang, lemari es produksi tahun lama cenderung awet dan masih bisa digunakan. Tapi sayangnya, masa pakai kulkas produksi baru tak seawet itu. Untuk kulkas yang modern, usianya di kisaran 9 hingga 13 tahun. Semakin banyak fiturnya, semakin pendek pula umurnya. Mengapa demikian? Logikanya, semakin minim fitur, tentu semakin sedikit pula risiko kerusakannya. 

Untuk itu, jika kamu menginginkan kulkas yang awet, disarankan untuk memilih yang fiturnya biasa-biasa saja. Tapi, tentu saja kamu harus menyeimbangi dengan perawatan yang maksimal kalau mau masa pakainya lama. Bersihkan lemari es secara rutin dan pastikan karet menempel dengan sempurna.

AC

Di daerah tropis seperti Indonesia, AC merupakan kebutuhan utama dalam sebuah hunian. Bukan tidak mungkin AC dihidupkan sepanjang hari. Lantaran penggunaannya yang sangat sering, masa pakai AC umumnya sepanjang 5 hingga 10 tahun. Supaya awet, kamu bisa menggunakan fitur timer pada AC agar mesin tak cepat rusak. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan filter dan kumparan AC minimal 1 hingga 2 bulan sekali. 

Baca juga: Pasang AC 1/2 PK atau 1 PK, Sesuaikan Dulu dengan Daya Listrik dan Luas Ruangan!

Televisi

Walaupun TV produksi baru memakan energi yang lebih sedikit, tak bisa dipungkiri masa pakainya juga lebih singkat. TV LCD atau LED biasanya berusia 4 hingga 10 tahun. Sedangkan TV plasma yang lebih canggih lagi, masa pakainya akan lebih singkat. Rata-rata hanya sekitar 3 tahun saja. Saat membeli TV disarankan untuk membeli merek yang dikenal awet karena komponen yang dipakai cenderung lebih bagus.

Baca juga: Merek 3 Barang Elektronik yang Hemat Listrik: AC, Mesin Cuci, Hingga Kulkas

Mesin Cuci

Perangkat mesin cuci yang terbuat dari baja kini banyak yang telah diganti dengan komponen plastik. Tak heran, mesin cuci produksi baru hanya bisa bertahan selama 5 tahun hingga 15 tahun. Semakin baik perawatannya, tentu semakin awet pula. Biar awet, bersihkan mesin cuci secara rutin menggunakan sabun khusus mesin cuci. Pastikan juga kotoran dan sisa sabun tak tersisa.

Dispenser

Dispenser bisa bertahan hingga 8 tahun. Biasanya, masalah yang sering terjadi adalah mesin pemanas dan pendinginnya yang tak berfungsi lagi sehingga air yang keluar bersuhu normal. Untuk membuatnya lebih awet, segera cabut kabel dispenser dari stop kontak ketika galon kosong. 

Bagikan: 2494 kali