moontopia-1 Kompetisi Desain Rumah di Bulan MOONTOPIA (Rumah123/Dezeen)

Mau tinggal di bulan? Atau sekedar jalan-jalan ke bulan? Semua ini bakal menjadi kenyataan walaupun bukan dalam waktu dekat lho.

Kamu mungkin tidak tahu kalau ada kompetisi MOONTOPIA yang diselenggarakan oleh majalah desain dan arsitektur Eleven mulai dari Agustus hingga November 2016 lalu.

Baca juga: Mau Tahu Para Pemenang AIA Honor Awards 2017? (Bagian 3)

Ratusan proposal soal hunian di Bulan yang merupakan satelit alami Planet Bumi ini bermunculan untuk ikut kompetisi ini.

MOONTOPIA menjadi kompetisi internasional pertama soal ide dan desain arsitektur luar angkasa lho.

Baca juga: Mau Tahu Para Pemenang AIA Honor Awards 2017? (Bagian 2)

Para pemikir, arsitek, desainer, seniman, akademisi, dan para visioner dari seluruh dunia diminta untuk membayangkan solusi dan imaginasi untuk MOONTOPIA.

Mereka diminta untuk membayangkan adanya sebuah koloni luar angkasa yang dirancang untuk tinggal, bekerja, melakukan riset, dan juga wisata luar angkasa. Wah, ini bisa menjadi pilihan para generasi milenial yang doyan jalan-jalan.

Baca juga: Mau Tahu Para Pemenang AIA Honor Awards 2017? (Bagian 1)

Penjelajahan luar angkasa sudah dimulai sejak era 1960-an ketika kosmonot Rusia (saat itu masih Uni Soviet), Yuri Gagarin menjadi orang pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa pada 12 April 1961.

Lantas pada 20 Juli 1969, dua astronot Amerika Serikat, Neil Amstrong dan Buzz Aldrin menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di Bulan. Mereka berangkat melalui misi Apollo 11.

Baca juga: Kabar Gembira Buat Fans Chelsea, Stadion Stamford Bridge Akan Direnovasi Total!

Setelah hampir 50 tahun, penjejakan kaki manusia pertama di Bulan, ambisi untuk tinggal di luar angkasa semakin kuat.

Apalagi teknologi semakin canggih dan juga keinginan untuk mengeksplorasi luar angkasa seperti menjadi sebuah perlombaan.

Bagikan: 572 kali