Foto: Rumah123/Getty
   

Katanya para milenial pada suka travelling dan hobi ini bikin kamu ga bisa beli rumah. Emang gitu? Bisa iya, bisa ga sih! Pasalnya, asal bisa mengelola keuangan dengan baik, siapa pun bisa aja jalan-jalan sambil rencana beli rumah tetep jalan.

Dikutip dari Peluang Properti, berikut ini cara agar kamu bisa tetep menyisihkan anggaran buat beli rumah tanpa mengorbankan budget liburan:

Kesatu, tetapkan lokasi dan rumah yang pengen kamu beli. Dananya terus kamu kumpulkan sampai mencapai nominal uang muka (DP).

Baca juga: Gaji Milenial Gak Seberapa? Ada KPR Khusus Milenial Nih!

Kedua, setiap pengembang pasti menawarkan promo-promo menarik. Perhatikan uang muka dan cicilan yang ditawarkan. Pastikan promo tersebut ikut menguntungkan kamu sebagai pembeli.

Ketiga, mulai memperhitungkan cicilan bulanan yang dibayarkan kepada bank yang telah bekerja sama dengan pengembang. Kamu sanggupnya mencicil berapa?

Baca juga: Disiplin Menabung, Kunci Tercapainya Dana DP Rumah

Kempat, jika ingin berlibur, budget beli rumah dan travelling harus dipisahkan. Jangan dijadikan satu rekening. Buatlah rekening tersendiri untuk dana beli rumah dan dana travelling.

Kelima, sejak kamu menerima gaji pertama, anggarkan untuk dana beli rumah 30 persen, 20 persen untuk dana travelling, 50 persen untuk pengeluaran kebutuhan rutin kamu. Kalau kamu disiplin dan konsisten dengan pembagian itu, percaya deh, beli rumah dan travelling bisa kamu lakukan bersama-sama.

Bagikan: 1358 kali