Rumah Xorin Balbes (Rumah123/Mansion Global)

Xorin Balbes punya beragam profesi mulai dari arsitek, desainer interior, hingga penulis buku. Dia juga dikenal suka melakukan konservasi bangunan tua.

Dia merupakan founder TempleHome yang merupakan biro arsitek dan desain interior ini. Balbes juga menulis buku berjudul SoulSpace: Transform Your Home, Transform Your Life.

Baca juga: Dapat Pinjaman dari Nenek Rp100 Juta, Kakak Adik ini Bisa Jadi Raja Properti

Di Amerika Serikat, dia dikenal sebagai “master flipper”. Dia memang jagoan soal flipper. Dia memang dikenal dalam memperbaiki rumah dan menjual banyak rumah mewah di negara bagian California, Amerika Serikat.

Apa sih flipper itu? Dalam industri dan bisnis properti, ada istilah flipping yaitu membeli sebuah hunian, kemudian memilikinya dalam waktu singkat, lantas menjualnya kembali. Pemilik bisa melakukan renovasi untuk memperbaiki hunian.

Baca juga: Alamak, Bisnis Rumah “Pengabdi Setan” Bisa Mencapai Rp5,4 Triliun!

Orang yang melakukan aksi flipping ini disebut dengan flipper. Flipper memang hanya membeli rumah dan kemudian menjualnya lagi karena ingin mendapatkan capital gain alias keuntungan yang tinggi.

Balbes sempat membeli sebuah rumah mewah di kawasan Los Feliz dengan harga kurang lebih 2,5 juta dollar AS (Rp33,7 miliar). Lantas dia menjualnya dua tahun berselang dengan harga 9,7 juta dollar AS (Rp131 miliar). Dia bisa untung empat kali lipat!

Baca juga: Kerja 100 Jam Seminggu Buat Nyicil Rumah? Truz Kapan Istirahatnya?

Dia suka mencari rumah mewah yang tergolong jadul namun memiliki sejarah. Balbes juga membeli dua rumah lainnya di Los Feliz.

Salah satu rumah yaitu Snowden House dibangun pada 1927 dan dirancang oleh arsitek legendaris Frank Lloyd Wright. Rumah lainnya adalah istana dari abad ke-17 yang sempat menjadi properti milik bintang film era awal abad 20, Norma Talmadge.

Baca juga: Enaknya Aksi Flipper Properti, Turun Harga Tapi Masih Untung Banyak!

Dia memiliki nasihat bagi mereka yang ingin membeli rumah atau terjun dalam jual beli properti. “Keluarkan uang dan beli ketika hatimu dan semuanya serasa saling terhubung dan kamu menyukainya. Lingkungan juga penting karena kamu akan menghabiskan banyak waktu di rumah. Tempat kita tinggal harus punya rasa yang membuat kamu berkembang,” ujar Balbes kepada situs properti Mansion Global.

Hmm, tertarik menjadi flipper? Kalau kamu memiliki dana cukup banyak, kamu bisa membeli rumah second dan kemudian melakukan sedikit renovasi. Lantas kamu bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi lho.

Baca juga: Pendapatan Bisnis “Pengabdi Setan” Gede Banget, Kamu Punya Rumah Tua Ga?

Kalau kamu nggak yakin, beneran nih? Banyak yang sudah merasakan enaknya menjadi flipper dan meraup banyak keuntungan lho.

Bagikan: 1297 kali