Chateau le Paluel, Prancis (Rumah123/Sud Ouest)

Siapa yang bermimpi jadi bangsawan Prancis dan tinggal di kastil? Kalau kamu salah satunya, mungkin kamu tertarik untuk membeli Chateau le Paluel.

Chateau le Paluel merupakan kastil yang dibangun pada era abad ke-15. Lokasi kastil ini berada di kawasan Dordogne, Prancis.

Baca juga: Tunangan dengan Pangeran Harry, Aktris Meghan Markle Bersiap Pindah Ke Istana Kerajaan

Kastil ini memiliki delapan kamar tidur, kolam renang, kandang kuda, kincir angin, serta rumah untuk bebek dan burung. Kastil ini dikelilingi oleh hutan dan pepohonan yang indah.

Chateau le Paluel sempat mendapatkan serangan dari pasukan Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Kastil ini memang sempat rusak parah dan memerlukan perbaikan.

Baca juga: Pasti Ga Percaya Kalau Tahu Sejarah Hotel Mewah The Liberty

Kalau kamu tertarik untuk memilikinya, kamu hanya perlu merogoh 62 dollar AS (Rp840 ribu) untuk membelinya. Wah, beneran nih?

Cerita sebenarnya seperti ini, pemerintah Prancis memberikan ultimatum kepada pemilik kastil yang berasal dari Inggris untuk memberikan solusi soal kastil paling lambat 21 September 2018 mendatang.

Baca juga: Kastil Prancis Abad 18 Ini Dipermak Jadi Hotel Butik yang Keren!

Gerakan crowfunding alias patungan berinisiatif untuk mengumpulkan 621.320 dollar AS (Rp8,4 miliar) untuk membeli kastil ini sekaligus menyelamatkannya. Aksi ini dilakukan oleh Adopte un Chateau yang berusaha untuk menyelamatkan bangunan bersejarah di Prancis melalui saham.

Kampanye ini hanya meminta orang untuk membeli bagian patungan mulai 62 dollar AS (Rp840 ribu). Kalau target tercapai maka semuanya menjadi pemilik kastil meski bareng-bareng.

Baca juga: Diskon Gede Buat yang Mau Beli Kastil Prancis Ini, Mau?

Menurut media Inggris, Daily Star, sudah ada 2.070 orang yang mengumpulkan 188.279 dollar AS (Rp2,5 miliar). Kalau target uang tidak tercapai pada 21 September 2018, maka semua dana akan dikembalikan.

Sebenarnya, bianya membeli kastil ini hanya 309.000 dollar AS (Rp4,1 miliar). Sisa uang akan digunakan untuk renovasi dan restorasi karena kastil sudah rusak berat.

Baca juga: Beli Kastil Dapat Bonus Pulau dan Harta Karun!

“Kami ingin kastil ini menjadi simbol kolektivitas, ekspresi kreatif, dan tentunya bertujuan untuk menyelamatkan warisan dan budaya,” ujar Adopte un Chateau seperti dilansir oleh Daily Star.

Gimana, kamu tertarik untuk membeli Chateau le Paluel dan menjadi pemilik bersama? Lumayan lho bisa memiliki kastil Prancis jaman dulu.

Baca juga: Crowfunding Selamatkan Kastil Prancis, Wah Bisa Ditiru di Indonesia Dong

Atau kamu berupaya untuk menggagas upaya serupa di Indonesia? Kan banyak tuh bangunan cagar budaya yang tidak dirawat? Mungkin kamu tertarik untuk membelinya sebagai bagian dari konservasi?

Bagikan: 503 kali