Ilustrasi Rumah (Rumah123/Realestate.com.au)

Pada 2017 lalu, Apple merilis iPhone X yang harganya selangit. Kalau dipasarkan di Indonesia, harganya belasan juta rupiah.

Generasi milenial biasanya nggak mau ketinggalan tren kekinian. Buat kids jaman now, gadget keren harus ada dalam genggaman.

Baca juga: Gila Medsos, Milenial Ogah Gaul sama Tetangga. Tiati Gila Beneran!

Nggak punya duit? Ya, kan bisa beli pakai cicilan. Entah itu pakai kartu kredit atau aplikasi kredit. Mudah kan?

Unik kan? Ada yang memilih membeli gadget mahal dan harus mencicil. Padahal kalau sudah lunas, smartphone itu sudah tergolong barang second. Harganya pun sudah turun drastis.

Baca juga: Punya Rumah Sendiri Itu Bukti Generasi Milenial Bisa Aktualisasi Diri, Masih Nunda Beli Nih?

“Ngapain beli gadget, apalagi kalau sampai kredit. Kalau kita pakai buat DP rumah, mendingan beli rumah yang harganya naik terus 10-20 persen pertahun,” ujar perencana keuangan atau financial planner Avian Dwiputra RFA kepada Rumah123.

Kalau kamu sanggup mencicil gadget mahal, kenapa juga nggak memaksa membeli hunian? Kamu bisa melakukan hal yang sama untuk mengumpulkan down payment (DP) atau uang muka.

Baca juga: Rumah123: Developer Mesti Pahami Kenapa Konsumen Milenial Ga Mau Beli Rumah

Oke, kamu akan mencicil uang muka dalam dua tahun. Lantas kamu akan mencicil rumah selama 10-15 tahun. Dalam rentang waktu ini, kamu harus mengerem gaya hidup, namun pada akhirnya kamu akan menuai hasil yang bikin kamu tersenyum.

Setelah cicilan lunas, rumah atau apartemen menjadi hak milik. Harganya pun melambung. Ingat lho, kalau properti itu unik. Barang second-nya justru lebih mahal dari barang baru.

Baca juga: Siapa Bilang Milenial Ga Mau Beli Rumah?

Kalau kamu bosan dengan properti ini, ya jual saja. Harga jualnya akan lebih mahal dari harga belinya. Jadi kamu pilih cicil mana, gadget atau rumah?

Bagikan: 1224 kali