pelindung anies baswedan

Punya karier politik yang cemerlang, Anies dinilai punya sosok pelindung yang penting bagi pemerintahan Tanah Air. Siapakah pelindung Anies tersebut?

Saat ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikabarkan menjadi kandidat terkuat dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Walau kegiatan tersebut berlangsung 2 tahun lagi, Anies digadang-gadang memiliki elektabilitas yang tinggi untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden (Capres).

Tentu saja, kepercayaannya dan para pendukung Anies untuk maju Pilpres 2-24 disebabkan popularitasnya dirasa cukup konsisten di survei teratas berbagai lembaga ternama.

Pengamat politik Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute), Muhammad Mualimin pun turut menjelaskan ada sosok yang melindungi Anies di belantika perpolitikan Indonesia saat ini.

“Karena, Presiden Jokowi pada 2024 sudah tak bisa memperpanjang jabatan, ada elite partai dan menteri yang bermain dua kaki,” ucapnya kepada GenPI.co, Sabtu (26/6).

Dinilai Ada Pelindung Anies di Sisi Jokowi

pelindung anies sumber: sindonews.com

Menurut Mualimin, terdapat sosok dalam pemerintahan Jokowi yang harus diperhatikan oleh PDIP.

“Golongan penjilat itulah yang diam-diam melindungi Anies,” ucapnya.

Ia berkata, di depan, orang-orang tersebut memang dekat dengan Jokowi dan sering keluar-masuk istana.

“Akan tetapi, secara diam-diam menjaga hubungan baik dengan Anies Baswedan yang tak disukai PDIP,” ujarnya.

Sosok Jusuf Kalla Penting bagi Karier Politik Anies

Senada dengan hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Zaki Mubarak pun menuturkan bahwa Jusuf Kalla memiliki peranan penting dalam kesuksesan Anies Baswedan untuk menjadi politikus.

“Selama ini Anies memosisikan JK sebagai mentor politik dan pelindung,” ujar Zaki.

Menurutnya, kedekatan politik JK dengan Anies terlihat sangat jelas dan tidak bisa ditutup-tutupi.

Dengan demikian, menurutnya sangat wajar jika Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu mendukung Anies pada Pilpres 2024.

“Kepentingan ekonomi dan politik JK tersalurkan dan terakomodasi melalui Anies,” jelasnya.

Dukungan Penuh JK kepada Anies di Pilgub DKI

Jusuf Kalla sumber: pontas.id

Kemudian, JK juga mendukung Anies Baswedan pada Pilgub DKI 2017.

Jusuf Kalla mengaku bahwa dirinya turut melobi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS saat itu, Sohibul Iman untuk mengusung Anies sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

“Saya yang mendukung dia (Anies) jadi calon gubernur, itu benar. Malam-malam 12 jam sebelum penutupan saya telepon Pak Prabowo dan Ketua PKS semua setuju,” jelas JK seperti dikutip dari YouTube BeritaSatu yang tayang pada Januari 2021.

Nah, itulah informasi yang bisa kamu simak. Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup. Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuatKamu. Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com. Kalau kamu sedang mencari rekomendasi properti untuk tempat tinggal atau investasi, pilihan terbaik adalah Derwati Mas Estate.
Bagikan:
426 kali