Mau renovasi rumah? Wah, pasti sudah membayangkan betapa ruwetnya saat ingin memperbaiki atau mengganti bagian rumah yang rusak.

renovasi rumah - rumah123.com

Sebenarnya, nggak rumit juga sih kalau kamu bisa menyusun rencana renovasi. Kalau kamu bisa melakukan hal ini, renovasi rumah bisa dilakukan dengan mudah lho.

Baca juga: Menyelaraskan Desain Interior Keinginan Orang tua dengan Anak? Bisa Aja Kok

4 langkah mudah renovasi rumah

Linda Leoni selaku Manager Regional Business Development CIS yang menyelenggarakan pameran dekorasi dan interior rumah Homedec Indonesia mengungkapkan langkah mudah untuk merenovasi rumah.

“Pertama, plan and design. Kedua, budgeting. Ketiga, scheduling. Keempat, product survey,” ujar Linda kepada Rumah123.

Baca juga: Mau Dekor Ulang Interior? Kunjungi Dulu Homedec 2017

Pertama, plan and design

Dia menyatakan kalau langkah pertama ada melakukan perencanaan dan juga menentukan desain. Desain interior apa yang akan diaplikasikan dalam hunian. Banyak desain interior yang ada mulai dari eklektik, shabby chic, skandinavia, industrial, tradisional, dan masih banyak lagi.

Kedua, budgeting

Langkah berikutnya adalah menentukan dana. Kamu harus bisa menghitung berapa banyak pengeluaran untuk tukang dan berapa jumlah tukang bangunan yang terlibat dalam pengerjaan.

Baca juga: Sebelum Renovasi Rumah, Mampir ke Homedec 2017 Dulu Ya

Selain itu, kamu harus menghitung berapa banyak dana yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan bangunan. Biasakan untuk menyisihkan dana ekstra karena sering kali ada bahan bangunan yang perlu dibeli lagi.

Ketiga, scheduling

Tahap selanjutnya adalah menentukan kapan pengerjaannya. Bisa jadi kamu menentukan kalau waktu pengerjaan hanya dua hari saat akhir pekan ketika kamu tidak bekerja.

Baca juga: Mau Dapat Diskon Gede-gedean, Yuk Kunjungi Homedec 2017

Tetapi, bukan tidak mungkin waktu pengerjaan harus bertambah hingga hari Senin padahal kamu sudah harus bekerja.  Kamu harus dapat menyusun waktu pengerjaan dengan tepat sekaligus menentukan tenggat waktu.

Keempat, product survey

Terakhir, kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan riset produk bahan bangunan yang akan digunakan. Saat kamu ingin mengganti keramik di kamar mandi atau mengganti kitchen set, kamu harus mendatangi toko.

Baca juga: Buat Penyuka Barang Antik dan Vintage, Jangan Lewatkan Homedec 2017 Ya

Kamu harus mengetahui produk-produk terbaik yang kamu inginkan, tentunya menyesuaikan selera dan dana yang kamu punya. Selain datang langsung, kamu bisa berselancar melalui internet atau bertanya kepada saudara dan sahabat.

Nah, empat langkah ini mudah, bukan? Jadi kamu nggak perlu pusing lagi saat mau merenovasi rumah.

Bagikan:
3404 kali