Beautiful roses garden. Summer flowers. Vintage style toned picture with lens flares and light leaks Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Ada baiknya untuk memiliki taman di rumah. Selain itu, untuk mempercantik interior atau eksterior rumah, taman juga punya fungsi penghijauan.

Kalau kamu memiliki keterbatasan lahan di rumah, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan atap untuk dijadikan rooftop garden (taman atap).

Baca juga: Mau Bikin Kolam Ikan? Baca Tips Ini Dulu Dong (Bagian 1)

Tetapi, sebelumnya  melakukannya, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Apa saja ya, yuk disimak.

Pertama, struktur atap. Tidak banyak orang memikirkan akan memiliki taman atap karena itu biasanya atap tidak dirancang untuk mendapatkan beban berat berupa tanaman.

Baca juga: Mau Bikin Kolam Ikan? Baca Tips Ini Dulu Dong (Bagian 2)

Kalau sudah begini, kamu tidak bisa membuat taman dalam arti menanam tumbuhan di tanah seperti halnya di halaman depan atau belakang.

Yang bisa kamu lakukan adalah membuat alternatif berupa menyusun pot atau pipa besar sebagai media tanam. Ukuran pot bisa disesuaikan dengan luas bagian atap rumah.

Baca juga: Mau Bikin Kolam Ikan? Baca Tips Ini Dulu Dong (Bagian 3)

Kedua, pertimbangkan luas atap. Kalau luas atap memang cukup lega, kamu bisa membuat taman yang cukup besar.

Kalau tidak, kamu bisa membuat alternatif untuk membuat pot disusun secara vertikal sehingga banyak tanaman yang bisa ditempatkan. Tetapi, pastikan tidak terlalu banyak sehingga tidak muncul kesan tidak rapi.

Baca juga: Hmm, Bingung Pilih Material Untuk Pagar? Baca Ini Dulu Dong

Jangan lupa untuk merawat dan membersihkan taman ini agar tanaman tumbuh dengan baik plus tidak ada sampah daun yang berserakan.

Kalau ingin mempercantik taman atap dengan elemen lain seperti gazebo, kolam kecil, atau lainnya, ya kembali lagi pada poin ini. Seberapa luas atap rumah sehingga taman atap tidak terlalu penuh sesak dan tidak lagi menjadi indah.

Bagikan: 3410 kali