Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto) Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Apakah kamu sudah bayar pajak bumi dan bangunan (PBB)? Kalau belum, buruan bayar sebelum tanggal jatuh tempo. Apalagi, sekarang bayar PBB lebih mudah, bisa melalui ATM, lho!

Jika sebelumnya kamu harus mengantre saat membayar PBB di kantor pelayanan pajak atau bank, sekarang bisa dilakukan lebih cepat. Dengan adanya pembayaran fasilitas pembayaran PBB lewat ATM ini, wajib pajak akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran PBB tiap tahunnya.

Baca juga: Pemerintah Siap Bebaskan MBR dari PBB

Di sisi lain, pemerintah juga berharap dengan adanya kemudahan pembayaran PBB ini, warga lebih sadar pajak dengan tidak menunggak tagihan PBB. Batas pembayaran PBB tahun ini telah ditetapkan yaitu 31 Agustus 2016 mendatang.

Jika kamu melewati batas jatuh tempo, maka akan dikenakan denda sebesar 2 persen tiap bulannya. Jika memiliki tunggakan, kamu tidak bisa melakukan pembayaran lewat ATM atau e-banking. Kamu tetap harus melakukan pembayaran langsung di kantor pelayanan pajak sesuai wilayah domisili.

Baca juga: DKI akan Bebaskan PBB Tanah di Bawah 100 Meter Persegi

Berikut langkah-Langkah Bayar PBB Lewat ATM:

1. Pilih menu Pembayaran. 2. Pilih Pembayaran lainnya. 3. Klik pilihan Pembayaran Pajak Negara. 4. Akan muncul berbagai pilihan pembayaran pajak. Pilih PBB. 5. Anda diminta memasukkan nomor objek pajak. 6. Kemudian masukkan tahun pembayaran PBB. 7. Teliti informasi objek pajak, nama dan tagihan yang tertera pada layar. 8. Jika sudah sesuai, pilih menu Bayar.

Bagikan:
5600 kali