Ilustrasi Peralatan Membersihkan Rumah (Rumah123/Apartment Therapy)

Cucian piring menumpuk, baju kotor memenuhi keranjang, rumah belum disapu dan dipel, dan banyak lagi pekerjaan rumah lainnya. Hal inilah terjadi saat asisten rumah tangga (ART) masih mudik.

Kamu harus bisa menuntaskan semua itu. Namun, nggak perlu khawatir kok. Sebenarnya, semua ini dapat diatasi dengan mudah.

Baca juga: Gimana Rumah Mau Bersih Kalau Lap Ga Diganti?

Pertama, ajak pasangan untuk terlibat. Buat saja pembagian siapa yang mencuci pakaian, menyeterika, memasak, mengepel, dan lainnya.

Jangan salah lho, banyak kaum pria yang jago masak. Siapa tahu pasangan kamu lebih memilih masak sementara kamu mencuci pakaian.

Baca juga: Yuk, Bikin Jadwal Bersih-bersih Rumah

Kedua, ajak anak-anak. Pernah tahu kalau ada riset yang menyatakan kalau anak yang ikut melakukan pekerjaan membereskan rumah bakal jadi orang sukses? Ini karena anak diajarkan tanggung jawab sejak kecil.

Jika anak masih kecil, minta mereka membereskan kamar dan mainan mereka. Kalau sudah besar atau mungkin beranjak remaja, suruh mereka menyapu atau mengepel lantai.

Baca juga: Ajak Dong Anggota Keluarga Bersih-bersih Rumah

Ketiga, setel musik. Supaya nggak bosan dan bete, setel saja musik kesayangan kamu, pasangan, atau anak-anak.

Coba saja sambil mengepel, kamu dan semua anggota keluarga bernyanyi. Nanti acara membersihkan rumah bakal terasa lebih menyenangkan lho.

Baca juga: Bersih-bersih Rumah untuk Isi Liburan? Wah, Seru Banget!

Keempat, melakukan pengaturan dan memberikan penghargaan. Selama ART belum kembali, bikin jadwal siapa yang harus melakukan pekerjaan rumah tangga.

Tidak ketinggalan, jika anak-anak mau melakukan pekerjaan rumah tangga, berikan mereka pujian karena sudah mau meluangkan waktu. Selain itu, kamu bisa memberikan hadiah kecil seperti es krim kesukaan mereka.

Bagikan: 442 kali