Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Ke mana aja duit recehan kamu? Gak tahu kan? Lagian siapa juga yang mikirin duit recehan, ya gak? Para milenial kabarnya juga gak terlalu peduli sama duit recehnya. Kembalian beli makanan, belanja, atau pengeluaran apa pun kalau tinggal receh digeletakin gitu aja. Kebiasaan merugikan ini sebenarnya bisa diubah jadi menguntungkan kamu lho.

Jangan anggap remeh duit receh. Kalau dikumpulkan, recehan itu bisa banyak berguna. Nih ya, seperti dikutip wolipop.detik.com, Kamis (5-10-2017), ada cewek bernama Agustine Ningsih yang postingannya jadi viral karena bisa punya Rp60 juta dari menabung duit receh.

Baca juga: 10 Hal Sepele yang Bikin Kantongmu Jebol, Waspadalah!

"Di Indonesia uang receh itu nggak dianggap. Biasanya sama orang itu suka dibiarin aja jatuh, keselip di bantal dibiarin aja, karena memang nilainya kecil. Tapi, sebenarnya ini lebih kepada mengumpulkan yang sisa-sisa, ternyata kalau dikumpulkan bisa menjadi banyak loh. Jadi kan intinya kita harus menghargai uang kecil," kata perencana keuangan, Aidil Akbar Madjid, dikutip dari sumber yang sama.

Jadi, mulai sekarang selamatkan recehan kamu dalam satu wadah. Biar nominalnya kecil, tapi akumulasinya bisa menghasilkan nominal lebih besar, lebih-lebih kalau durasinya lama, semisal lima tahun gitu.

Tips dari Aidil perihal menabung recehan ini, wadah atau tempat menyimpannya pilih yang gak gampang diakses, semisal botol galon atau celengan ayam. Kalau kamu masukan recehan ke botol galon susah mau diambil lagi. Begitu juga dengan celengan ayam, kecuali dipecahin atau kamu korek lubang tempat masukin recehannya. Tapi, masak segitunya yah kelakuan kamu sama duit receh.

Baca juga: Kalau Milenial Mau Memaksa Menabung, Bisa Kok Punya Hunian

Kalau kamu mau simpanan kamu nominalnya fantastis, ya selain menabung recehan sisa kembalian, tambahin dengan sering-sering masukin duit yang gedean, semisal setiap dapat duit Rp20 ribu kamu masukin tuh ke wadah recehan. Nah, lakukan kebiasaan ini untuk jangka waktu yang lama, semisal 2-5 tahun.

"Kamu tabung selama lima tahun, itu bisa buat DP apartemen. Nominalnya kecil (jadi) kan nggak berasa setiap hari (udah nabung)," kata Aidil.

Bagikan: 1847 kali