Walaupun baunya menyengat, manfaat jengkol untuk kesehatan sangatlah banyak - Rumah123.com Walaupun baunya menyengat, manfaat jengkol untuk kesehatan sangatlah banyak - Rumah123.com

Archidendron pauciflorum atau yang lebih familiar dengan nama jengkol memang banyak disukai. Namun, tak jarang juga yang membenci makanan ini. Alasannya, apalagi kalau bukan karena baunya yang menyengat? Sehabis mengonsumsi jengkol, seringkali timbul bau mulut yang membuat tak percaya diri. Padahal, terlepas dari efek bau yang ditimbulkannya, ada banyak sekali manfaat jengkol untuk kesehatan.

Menurunkan berat badan

Yang punya resolusi kurus di tahun 2020, kamu bisa memasukkan jengkol pada daftar belanjaanmu nanti! Sebab, salah satu manfaat jengkol adalah untuk menurunkan berat badan. Jengkol memiliki kadar serat yang tinggi dan mampu membakar lemak tubuh lebih cepat. Eits, tapi kamu juga perlu ingat. Mengonsumsi jengkol yang diolah dengan lemak tinggi, misalnya dijadikan rendang atau balado jengkol, tentu sama saja bohong. 

Menetralkan kadar gula darah

Penderita diabetes juga aman mengonsumsi jengkol lantaran mengandung gula yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Makanan yang masuk ke dalam jenis kacang-kacangan ini memiliki senyawa aktif bernama asam jengkolat yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah. 

Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Sudah menjadi hal umum bagi wanita hamil mengalami konstipasi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi jengkol lantaran kandungan serat yang tinggi di dalamnya mampu membantu melancarkan buang air besar.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam jengkol membuatnya berperan penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Cocok untuk kamu yang memiliki masalah anemia atau kekurangan darah.

Mengatasi lemas saat menstruasi

Masih berhubungan dengan zat besi, seseorang yang kekurangan zat besi juga akan mudah terlihat lemas. Inilah mengapa wanita yang sedang menstruasi kerap lemas tak seperti biasanya lantaran darah keluar dari tubuh. Salah satu manfaat jengkol adalah untuk membantu produksi sel darah merah pada tubuh. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi jengkol ketika menstruasi.

Menangkal radikal bebas

Jengkol kaya akan kandungan vitaminnya, antara lain vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Vitamin A dan C dikenal sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, yang selama ini menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, hingga gangguan metabolisme lainnya.

Itu dia 6 manfaat jengkol yang ternyata baik untuk kesehatan. Bagaimana? Masih takut konsumsi jengkol setelah melihat manfaatnya tersebut?

Bagikan: 2675 kali