Ilustrasi Perumahan (Rumah123/Webdam Getty Images)

Sejumlah kota baru atau township berkembang di sekitar Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Sebut saja Sentul City, BSD, dan lainnya.

Malah ada kota baru yang sudah merambah ke kawasan lainnya seperti Maja, Banten atau Cikarang, Jawa Barat. Adanya akses jalan tol dan kereta commuter line membuat kota baru terus bermunculan.

Baca juga: Berkat Investasi Properti dan Menabung, Generasi Milenial Ini Bisa Jadi Miliarder

Belum lama ini, ada rencana pengembangan dua kota baru yaitu Madinah City di kawasan Bekasi dan Millennium City di Tangerang.

Madinah City merupakan perumahan yang dibangun dengan nuansa Islami. Proyek ini berdiri di atas lahan seluas 161 hektare. Untuk tahap pertama akan dibangun 25 hektare terlebih dahulu.

Baca juga: Kalau Milenial Bisa Investasi Properti Seperti Ini Masuk Kelas Kakap Lho

Sementara Millennium City dibangun oleh perusahaan pengembang Millennium Land. Millennium City memiliki luas hingga 3.000 hektare. Untuk tahap pertama, akan dikembangan 1.388 hektare.

Adanya pengembangan sebuah kota baru menguntungkan kawasan sekitarnya. Bahkan, termasuk perumahan kecil yang dibangun di sekitar kota baru alias township.

Baca juga: Milenial Berani Minta Kenaikan Gaji. Nah, Sudah Berani Investasi Properti Belum?

“Developer kecil punya keuntungan. Mereka nggak bisa kasih fasilitas, tapi penghuni dapat menggunakan fasilitas yang ada di proyek yang dikembangkan developer besar,” ujar Head of Advisory JLL, Vivin Harsanto  dalam Jakarta Property Market Update Q2 2018.

“Mereka bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan developer besar seperti rumah sakit, sekolah, mall, dan lainnya,” kata Vivin lagi.

Baca juga: Generasi Milenial Kaya Raya Bidik Investasi Properti di Luar Negeri

Buat kamu yang sedang mencari hunian, nggak ada salahnya untuk melirik hunian yang dikembangkan oleh developer kecil. Bisa jadi harganya masuk dalam skema budget kamu.

Soal fasilitas yang minim, kamu bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang disediakan oleh pengembang besar di dekat hunian kamu. Gampang banget kan?

Nah, kalau sudah begini, apalagi yang kamu tunggu? Saatnya untuk mencari hunian idaman kamu segera. Punya rumah sendiri itu seru banget lho.

Bagikan: 648 kali