OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Bantul Bakal Punya Mal dan Hotel Berbintang

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

iStock_000050410682_Large

Tak lama lagi tampaknya sebuah mal akan berdiri di Kabupaten Bantul. Rencana kehadiran mal tersebut konon sudah disetujui berbagai pihak.

Bupati Bantul, Suharsono, menginginkan berdirinya mal, selain berdirinya hotel berbintang di Bantul. Lokasi pembangunan mal itu berbatasan dengan Kota Yogyakarta atau Kabupaten Sleman. Tepatnya di Pantai Selatan.

Rencana pembangunan hotel dan mal tersebut, menurut Suharsono, telah mendapat lampu hijau dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, dengan syarat tidak melanggar aturan. Yakni sesuai Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), baik provinsi maupun kabupaten.

Adapun tujuan dari pendirian mal itu, menurut Suharsono, supaya masyarakat yang biasa berbelanja ke mal tidak lari ke daerah lain yang memiliki mal. “Kami harapkan uang dari warga itu tidak lari ke daerah lain, perputarannya tetap di Bantul,” ujarnya seperti dikutip dari Okezone.com.

Adapun untuk membangun mal maupun hotel berbintang itu, dia akan mengundang para investor.

Baca juga: Sahid Jogja Lifestyle City, Superblok Paling Ayar di Yogyakarta

Pembangunan mal itu diyakininya tidak akan menggusur keberadaan pedagang tradisional karena lokasinya tetap akan diperhitungkan dan jauh dari pasar tradisional. “Saya jamin pedagang tradisional tidak akan tergusur,” katanya.

Rencana pembangunan hotel pun sudah mendapatkan dukungan dari kalangan dewan. Politisi PDI Perjuangan, Darmanto, mengungkapkan, selama ini hotel berbintang di Bantul baru ada satu dan berada tak jauh dari Kota Yogyakarta.

Menurutnya, jarak antara hotel dengan objek wisata yang jauh itu dinilai tak bisa menahan wisatawan untuk lama di objek wisata di Kabupaten Bantul. Adanya pembangunan hotel berbintang di sekitar pantai diharapkan agar wisatawan betah dan meningkatkan perekonomian Bantul.

“Keberadaan hotel berbintang setidaknya mampu menggerakkan ekonomi warga sekitar hotel, akan menyerap tenaga kerja,” kata Darmanto.


Tag: , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA