Ilustrasi banjir di Surabaya - Rumah123.com Ilustrasi banjir di Surabaya - Rumah123.com

Setelah diguyur hujan deras selama kurang lebih empat jam, sebagian wilayah di Kota Surabaya terendam banjir pada Rabu, 15 Januari 2020. Wilayah yang dilaporkan terendam air di antaranya di kawasan Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Adityawarman, Jalan Hayamwuruk, dan Jalan Indragiri. Selain itu, air juga menggenangi kawasan Kendangsari, Ketintang, Mayjen Sungkono, Bogowonto dan lainnya. 

Kawasan dengan lokasi banjir terparah diinformasikan berada di Jalan Mayjen Sungkono. Air setinggi 30 cm - 80 cm menggenangi sejumlah kendaraan baik roda empat maupun dua sehingga mogok. Sempat viral pula di media sosial foto sejumlah motor dan mobil yang terendam di kompleks Darmo Park II Surabaya. Area pertokoan tersebut memang lebih rendah dari badan jalan Mayjend Sungkono. Sehingga air hujan bisa dengan mudah  berubah menjadi 'kolam'.

Apa yang menyebabkan banjir Surabaya cepat surut?

Walaupun demikian, banjir Surabaya cepat surut dalam hitungan jam. Banjir yang melanda mulai pukul 17.30 WIB, surut di pukul 19.30 WIB melalui pantauan CCTV. Apa yang bisa menyebabkan banjir Surabaya surut dalam waktu bahkan kurang dari 3 jam? Dibandingkan dengan banjir Jabodetabek dan sejumlah wilayah di Jawa Barat yang surut lebih lama, tentu hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya. Ternyata ini lah alasannya. 

Baca juga: Ini Cara Mudah Urus Dokumen Penting yang Hilang & Rusak Akibat Banjir

1. Ada 7 pembangunan bozem baru

Dilansir dari Kumparan, Surabaya sepanjang tahun 2019 sudah menambah 7 pembangunan bozem baru. Sehingga total Surabaya memiliki 72 bozem dengan daya tampung air hujan mencapai 6.164.889 meter kubik.

2. Pembangunan 58 rumah pompa

Tak hanya bozem, Pemkot Surabaya melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, juga menambah pembangunan rumah pompa hingga berjumlah 58 di seluruh kota Surabaya.

Baca juga: Sering Kebanjiran? Ini 6 Tips Interior Rumah yang Ramah Banjir

3. Upaya pembersihan sampah 

Dua hal di atas juga didukung dengan aksi-aksi pengerukan sungai dan pembersihan saluran dari sampah di hari Sabtu dan Minggu oleh Pemkot. Tak heran, genangan air banjir bisa cepat surut dalam waktu 3 jam.

Bagikan:
2073 kali