Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjadi Papua Pada Sabtu (16/03/2019). Tinggal di Indonesia, Kamu Wajib Tahu Cara Menghadapi Bencana (Foto: Rumah123/Kompas.com)

Dua bencana terjadi di tanah air pada akhir pekan. Banjir bandang menerjang Jayapura, Papua pada Sabtu (16/03/2019). Sementara gempa kembali lagi terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Ahad (17/03/2019). Kamu harus paham mitigasi bencana ya gaes.

Banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Papua. CNN Indonesia melansir kalau ada 73 orang meninggal akibat kejadian ini. Sementara ribuan orang lainnya terpaksa harus mengungsi.

Bencana alam ini terjadi pada malam hari sehingga banyak menimbulkan korban. Pemerintah setempat memperkirakan korban bisa saja bertambah.

Baca juga: Tips Mitigasi Bencana: Bagaimana Mengatasi Trauma Pasca Gempa

Lombok kembali dilanda gempa. Dua gempa secara beruntun terjadi di pulau ini dengan kekuatan 5,8 dan 5,2 skala magnitudo. Pusat gempa berada di Lombok Timur.

Sejumlah wisatawan asing dan domestik sedang berada di obyek wisata Air Terjun Tiu Kelep di Lombok Utara dilaporkan terjebak akibat longsoran. Kompas.com melansir bahwa ada 40 orang yang berada di lokasi saat gempa terjadi.

Lombok sendiri sempat diterjang gempa beruntun. Gempa yang cukup besar terjadi pada 29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,9 magnitudo. Gempa ini mengakibatkan puluhan orang meninggal, ratusan cedera, dan ribuan rumah rusak berat.

Baca juga: Gempa dan Tsunami Guncang Palu dan Donggala, Ingat Belajar Mitigasi Bencana

Buat kamu orang Indonesia tentunya tahu dong kalau negara kita ini memang rawan bencana. Kita seharusnya tanggap bencana.

Indonesia rawan bencana gunung meletus, gempa, tanah longsor, banjir bandang, kebakaran hutan, tsunami, dan masih banyak lagi. Jangan lupakan juga likuefaksi atau pencairan tanah yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah.

Untuk itu, kamu mesti paham bagaimana cara menyelamatkan diri, menyelamatkan orang terdekat, dan juga membuat hunian kamu aman. Kamu mesti paham mitigasi bencana.

Baca juga: Tips Pasca Bencana: Ancaman Kesehatan Pasca Tsunami

Kamu harus paham saat terjadi bencana, bagaimana caranya menyelamatkan diri. Biasakan untuk membaca cara penyelamatan diri ketika terjadi gempa, banjir, dan lainnya.

Saat gempa terjadi, kamu bisa langsung bersembunyi di kolong meja. Ketika banjir datang, kamu harus segera ke tempat yang lebih tinggi.

Jangan lupakan untuk mengemas peralatan lengkap seperti baju, senter, obat-obatan, dan lainnya dalam wadah yang bisa dibawa dengan mudah. Pastikan baterai smartphone selalu penuh. Jangan dipakai main PUBG atau Mobile Legend melulu ya. Mulai dari sekarang, kamu mesti paham mitigasi bencana.

Baca juga: Tips Pasca Bencana: Korban Gempa dan Tsunami Palu-Donggala Terancam Trauma Berat

Bagikan: 2603 kali