Studio Arsitek Indonesia, Atelier Riri Merancang Rumah Peristirahatan dan Juga Restoran di Sekotong, Lombok, Nusa Tenggara Barat (Foto: Rumah123/Designboom)

Biro arsitek asal Indonesia, Atelier Riri membangun sebuah rumah peristirahatan yang memperlihatkan karakter suku Sasak, juga mengkombinasikan kehidupan sehari-hari dengan konsep bangunan yang memakai listrik secara hemat.

Designboom melansir bahwa resort ini berada di Sekotong, Lombok Barat, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Novriansyah Yakub merupakan founder Atelier Riri.

Rumah peristirahatan ini juga meliputi restoran, dapur, ruang penyimpanan, ruang berkumpul, dan lainnya. Resort bernama Kiyakabin ini memang memiliki empat bangunan terpisah.

Baca juga: Batal Bikin Rumah Peristirahatan, Petenis Serena Williams Jual Tanah 10 Hektar

Atelier Riri memadukan tradisi suku Sasak, suku asli Lombok. Dia menggunakan material yang tersedia di kawasan ini untuk membuat rumah bisa beradaptasi dan berkelanjutan untuk lingkungan.

Ga hanya itu lho, arsitek juga menggunakan cara membangun rumah ala suku Sasak. Struktur kayu penghubung yang dipakai juga sama dengan rumah tradisional di Lombok.

Kiyakabin mempunyai pemandangan indah sebuah teluk. Arsitek mengatur rumah sehingga penghuni bisa melihat pemandangan indah dari mana saja.

Baca juga:  Rumah Peristirahatan Lengkap dengan Danau dan Peternakan

Rumah menghadap ke pantai. Ada juga bagian yang menghadap ke kolam renang. Selain itu, ada bangunan tambahan yang ada di lantai dua sehingga bisa melihat laut.

Arsitek mengatur pembagian bangunan seperti karakter desa suku Sasak yang dibangun apa adanya dan tanpa aturan. Namun, semuanya tetap harmonis dan selaras satu sama lain.

Sementara interior setiap bangunan memiliki beragam fungsi. Salah satunya berfungsi sebagai area publik, restoran, dapur, dan gudang. Ada juga area berkumpul yang menjadi penghubung antara ruang publik. Kalau sedang traveling ke Lombok, jangan lupa mampir ke sini ya.

Baca juga:  Tips Desain: Gimana Bikin Rumah Peristirahatan Terasa Seperti Hutan Belantara

Biro Arsitek Atelier Riri Mendesain Rumah Ini dengan Karakter Suku Sasak (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 1306 kali