Bangunan Penjara yang Didesain Ulang Menjadi Hotel oleh Twelve Architects (Rumah123/Dezeen)

Penjara Bodmin memiliki sejarah panjang dan kisah yang menakutkan. Penjara ini berada di Cornwall, Inggris.

Bangunan ini berdiri pada 1779 silam. Insinyur asal Inggris, John Call mendesain penjara ini. Penjara Bodmin tidak hanya menjadi lembaga pemasyarakatan bagi para penjahat, tetapi juga lokasi eksekusi.

Baca juga: Kantor Bank Beralih Fungsi Jadi Kantor Arsitek, Luar Biasa Kan?

Setidaknya, ada 50 orang yang digantung dan dipertontonkan kepada masyarakat. Setelah beroperasi hampir 150 tahun, penjara ini ditutup pada 1927.

Setelah cukup lama kosong, bangunan penjara ini dialihfungsikan menjadi hotel dan atraksi wisata. Penjara ini sendiri masuk bangunan yang harus dijaga kelestariannya.

Baca juga: Lumbung Gandum Beralih Fungsi Menjadi Rumah Tinggal, Kenapa Ga Bisa?

Biro arsitek Twelve Architects mendapatkan tugas dari Interstate Europe Hotels untuk mendesain ulang bangunan ini. Twelve Architects berkantor pusat di ibu kota Inggris, London.

Nantinya, hotel ini memiliki 63 kamar tidur dengan desain modern. Sebelumnya, kamar tidur hotel ini merupakan sel penjara.

Baca juga: Barak Tentara Diubah Jadi Kampus? Ide Luar Biasa Nih!

Rumornya, penjara ini berhantu. Namun, arsitek Hannah Baker dari Twelve Architects mengaku tidak mendapatkan pengalaman menyeramkan selama pengerjaan renovasi.

Menurut Baker, tantangan terbesar dalam merenovasi bangunan penjara yang sudah tua ini adalah bagian yang sudah rusak dan juga bagian yang sudah hancur.

Baca juga: Pasti Ga Percaya Kalau Tahu Sejarah Hotel Mewah The Liberty

“Bentuk dan sistem bangunan memang seperti ini. Ada beberapa bagian dinding yang hilang, jadi kami merekonstruksi ulang menggunakan batu bata ketimbang memakai batu. Jadi memang ada perpaduan antara bagian baru dan bagian lama,” ujar Baker kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Selain itu, Twelve Architects membangun ulang bagian atap dengan menambahkan material kaca sehingga interior dalam bangunan ini tidak gelap lagi.

Baca juga: Dari Hotel Prodeo Menjadi Hotel Butik yang Mewah

Masalah lain yang mengganggu selama renovasi adalah merelokasi kelelawar yang sempat menjadikan penjara sebagai tempat tinggal. Ada sembilan jenis kelelawar yang ditemukan dalam penjara ini.

Hotel dan destinasi wisata ini dibuka untuk umum pada 2019 mendatang. Menarik juga ya kalau di luar negeri, bangunan lama didesain ulang, direnovasi, dan dialihfungsikan menjadi bangunan baru.

Baca juga: Siapa Mau Bayar untuk Menginap di Bekas Penjara? Ayo, Tunjuk Tangan!

Seharusnya bangunan tua memang tidak dihancurkan, kalau memang masih bisa digunakan. Kalau di Indonesia gimana ya?

Bangunan Penjara yang Dialihfungsikan Menjadi Hotel oleh Twelve Architects (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 510 kali