studio-roosegaarde-1 Kantor Baru Biro Arsitek Studio Roosegaarde (Rumah123/Dezeen)

Studio Roosegaarde memperkenalkan kantor barunya di Rotterdam, Belanda. Kantor ini diberi nama Dream Factory yang dianggap sebagai laboratorium impian abad ke-21.

Lokasi gedung ini tidak jauh di pelabuhan Rotterdam. Aslinya, gedung tua ini adalah pabrik kaca yang berdiri pada 1930 silam.

Baca juga: Rumah dengan Pemandangan Gurun Pasir, Wah Kayak Apa Ya?

Studio Roosegaarde sendiri adalah biro arsitek, desainer produk, fashion, dan lainnya terkait seni serta teknologi.

Studio ini didirikan oleh Daan Roosegaarde pada 2006 lalu. Studio ini juga memiliki kantor di Shanghai, Tiongkok.

Baca juga: Apartemen Berdesain Gudang Raih Penghargaan Ramah Lingkungan, Keren Nih!

Bangunan ini memiliki luas 1.000 meter persegi. Gedung ini baru saja diselamatkan dari ancaman penghancuran dan berhasil didesain ulang dan direnovasi oleh Studio Roosegaarde.

Dream Factory ini memiliki atrium besar bagi para desainer dan arsitek untuk membuat prototipe proyek. Atrium ini cukup luas untuk mengembangkan proyek besar.

Baca juga: Sembilan Rancangan Terpilih Jadi Pemenang Kompetisi Desain Rumah di Bulan!

Sementara untuk ruang kerja para desainer, arsitek, dan insinyur berada di lantai atas. Pada lantai ini, ada perpustakaan, laboratorium, dan ruang pertemuan.

Semua ruang ini menjadi terkesan lebar dengan adanya partisi dari kaca. Kaca ini juga bisa berfungsi menjadi papan tulis saat pertemuan atau sesi brainstorming.

Baca juga: Cuma Kerja 8 Tahun, Lalu Pensiun Dini dan Traveling di Usia Milenial

Perpustakaan juga diklaim sebagai “perpustakaan impian” karena memiliki koleksi buku antik dan kontemporer. Sedangkan laboratorium digunakan untuk mengembangbiakkan organisme dalam keadaan gelap.

Ruang kerja yang berada di lantai atas memiliki pemandangan indah berupa pelabuhan Rotterdam dan juga sungai Nieuwe Maas.

Baca juga: Luar Biasa, Tiongkok Dominasi Penyelesaian Konstruksi Pencakar Langit pada 2016

“Bagian utama dari bangunan ini sangat fleksibel untuk beragam fungsi seperti untuk laboratorium dan juga kegiatan pendidikan,” ujar Daan Roosegaarde seperti dikutip oleh Dezeen.

Bagikan: 1503 kali