Studio Arsitektur H2 Merancang Sebuah Hotel Baru Memanfaatkan Material Lama (Foto: Rumah123/Designboom/Quang Dam)

Biro arsitek H2 merancang bangunan baru tambahan untuk Hotel Saigon Thuongmai. Arsitek memanfaatkan material bekas sehingga ramah lingkungan.

Hotel ini berada di pusat kota Vinh, Vietnam. Asitek membangun hotel baru di atas lahan hotel lama. Tantangannya adalah menciptakan bangunan yang lebih menarik dan fasad yang mudah dikenal bagi pejalan kaki.

Selain itu, desain interior hotel dirancang ulang agar penggunaannya lebih efektif dan memudahkan cahaya alami serta ventilasi udara bisa masuk dengan mudah ke dalam bangunan.

Baca juga: Hotel Khusus Para Petualang, Siapa Mau Menginap di Sini

Arsitek memanfatkan material ramah lingkungan dan berkelanjutan. H2 bekerja sama dengan pengrajin lokal untuk mendapatkan material.

Banyaknya material kayu yang dapat digunakan membuat arsitek memilih untuk mengumpulkan semua material. Kemudian semua material kayu dipotong menjadi ukuran yang sama.

Lantas kayu ini dikombinasikan dengan rangka besi untuk membuat semacam modul. Modul ini kemudian didesain menjadi fasad hotel.

Baca juga: Gimana Rasanya Tinggal di Hotel Selama 895 Hari

Pilar kayu ini memecahkan masalah dalam menciptakan bagian depan bangunan yang menarik dan juga membuka akses angin dan cahaya matahari.

Interior bangunan didesain simpel dan alami dengan memanfaatkan material alami seperti kayu, serpihan kayu, dan batu. Desain hotel yang baru untuk memasukkan unsur air dan elemen hijau untuk menciptakan pemandangan yang lebih menarik dan lebih segar.

Hasilnya, hotel ini mendapatkan sirkulasi udara alami dan cahaya matahari. Hotel ini pun bisa menghemat pengeluaran listrik.

Baca juga: Siapa Bilang Hotel Kapsul Ga Bisa Berdesain Keren

Bagikan: 1390 kali