Rumah Prefabrikasi- Rumah123.com Biro Arsitek Prancis, NZI Architectes Membangun 13 Rumah yang Memanfaatkan Material Jerami dan Kayu (Foto: Rumah123/Designboom)

Biro arsitek Prancis, NZI Architectes membangun sejumlah rumah dengan memanfaatkan material jerami. Ada sejumlah keuntungan dalam memanfaatkan material jerami.

NZI Architectes membangun 13 rumah di Nogent Le Rotrou, Prancis. Lokasi hunian ini sekitar 150 kilometer dari ibu kota Prancis, Paris.

Arsitek mendapatkan taklimat untuk merancang 13 rumah. Rumah ini terbagi dalam tiga blok yaitu A, B, dan C yang masing-masing terdiri dari empat hingga lima hunian.

Baca juga: Kayak Gimana Punya Rumah Sempit di Tengah Hutan?

Rumah Prefabrikasi- Rumah123.com Arsitek Memanfaatkan Material Jerami Pada Bagian Dinding. Material Ini Tahan Lama dan Ramah Lingkungan (Foto: Rumah123/Designboom)

Tiga blok ini terkoneksi dengan jalan setapak. Arsitek juga membangun seluruh hunian ini berjarak dari jalan raya.

NZI Architectes memanfaatkan kesempatan untuk bereksplorasi secara inovatif dengan menggunakan teknik konstruksi yang ramah lingkungan. Material yang dimanfaatkan adalah kayu dan jerami.

Material terutama jerami diprefabrikasi di pabrik. Jerami dipadatkan dan menjadi bagian dari dinding rumah yang menggunakan kerangka kayu.

Baca juga: Rumah Prefabrikasi Ini Bisa Dipasang dalam 5 Jam, Mau Punya Ga?

Rumah Prefabrikasi- Rumah123.com Rumah Ini Terbagi Dalam Tiga Blok. Setiap Blok Terdiri Dari 4-5 Rumah (Foto: Rumah123/Designboom)

Penggunaan metode ini dan juga material prefabrikasi membuat biaya pembangunan berkurang. Begitu juga dengan waktu konstruksi.

Selain itu, penggunaan material yang tidak ramah lingkungan juga dapat dikurangi. Plus saat membangun, rumah ini tidak memerlukan alat berat.

Jerami sudah digunakan untuk material mengisi dinding sejak lama. Jerami memiliki ketahanan dan efisien. Biasanya, rumah di negara-negara Barat memang menggunakan material kayu untuk dinding yang diisi jerami.

Baca juga: Rumah Prefabrikasi Ini Bisa Dibangun Cuma 28 Hari

Rumah Prefabrikasi- Rumah123.com Tiga Blok Perumahan Ini Terkoneksi Dengan Jalan Setapak. Kompleks Ini Berada Di Nogent Le Rotrou Yang Berjarak 150 Kilometer dari Ibu Kota Prancis, Paris (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 812 kali