Selepas mudik Lebaran, pasti banyak dana ekstra yang keluar.

mudik lebaran - rumah123.com

Memang sih, ada Tunjangan Hari Raya (THR) yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran. Tapi nggak jarang juga dana yang keluar jauh dari perkiraan awal. Kalau sudah begini, apa boleh buat? Hidup tetap harus berjalan setelah Lebaran selesai. Lalu, bagaimana caranya supaya keuangan kembali pulih, stabil, dan sehat selepas mudik Lebaran? Berikut Rumah123 beri tips-tipsnya!

Lakukan pengecekan keuangan kembali

mudik lebaran - rumah123.com

Setelah mengeluarkan uang dalam jumlah besar, hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pengecekan keuangan kembali. Apakah dana yang dimiliki masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selepas Lebaran? Atau pas-pasan, atau justru malah kurang? Berangkat dari sana, nantinya kamu bisa menyusun pengeluaran sesuai dengan kondisi keuanganmu yang terkini.

Baca juga: Cara Gampang Kumpulkan Down Payment Rumah Rp 500 Juta Selama Setahun

Susun rencana pengeluaran

mudik lebaran - rumah123.com

Setelah kamu mengecek kondisi keuangan selepas Lebaran, saatnya untuk menyusun rencana pengeluaran. Lihat kembali, mana yang harus diprioritaskan, dan mana yang bisa dikurangi. Kontrol pengeluaran seminggu sekali supaya kamu bisa mengecek situasi keuangan secara berkala.

Batasi pengeluaran harian

mudik lebaran - rumah123.com

Apabila keuanganmu masih aman, maka tak masalah jika kamu menggunakan rencana pengeluaran yang sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Namun jika kondisi pas-pasan, kamu bisa menekan pengeluaran dengan mengurangi sejumlah pengeluaran harian yang bisa dikurangi. Apabila keuanganmu defisit, kamu bisa mencoba untuk meminjam dana, atau bekerja sambilan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga: Mengenal Biaya Provisi Dalam Kredit Rumah

Disiplin dalam mengatur keuangan

mudik lebaran - rumah123.com

Seluruh cara di atas tentu akan sia-sia jika kamu tak disiplin dalam menjalankannya. Maka dari itu, kamu harus disiplin dan konsisten terhadap perencanaan ini. Ingatlah bahwa seluruh cara ini dilakukan agar keuanganmu bisa kembali pulih.

Itu dia sejumlah cara untuk memulihkan kembali keuanganmu pasca mudik Lebaran. Semoga kondisi finansialmu bisa segera kembali stabil ya!

Bagikan: 6685 kali