jalan tol sby jokowi

Inilah perbandingan pembangunan jalan tol era Presiden Jokowi dan SBY. Yuk, simak ulasan singkatnya dalam artikel berikut ini.

Selama memerintah kurang lebih 7 tahun, Presiden Jokowi mengklaim berhasil membangun 1.900 kilometer jalan tol.

Melansir Kompas.com, panjang jalan tol yang dibangun sejak 2014 telah meningkat signifikan bila dibandingkan selama 40 tahun terakhir sebelum 2014 yang hanya 780 kilometer.

Tentunya hal tersebut sangat membanggakan dan menjadi salah satu prestasi yang sukses ditorehkan oleh Jokowi.

Namun jika dibandingkan dengan era Presiden sebelumnya yakni Susilo Bambang Yudhoyono, kira-kira berapa besar perbandingan pembangunan jalan tol antara kedua pemimpin tersebut?

Yuk, langsung saja kita simak ulasan singkatnya berikut ini.

Perbandingan Pembangunan Jalan Tol Era Jokowi dan SBY

Pembangunan jalan tol jokowi dan sby Sumber: Jasa Marga

"Sejak tahun 2014 atau dalam waktu tujuh tahun terakhir, jalan tol yang selesai dibangun itu 1.900 kilometer. Sebelumnya selama 40 tahun itu hanya 780 kilometer," kata Jokowi, mengutip dari Kompas.com.

Melihat dari pengalaman Indonesia membangun jalan tol, sejatinya tersimpan masalah yang selalu muncul adalah keterbatasan sumber pembiayaan.

Oleh sebab itu, banyak pembangunan jalan tol pada waktu sebelumnya yang tidak melibatkan sumber-sumber alternatif pembiayaan.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau dana dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN)-lah yang kemudian menjadi andalan pembiayaan.

Jika selama kepemimpinan Jokowi berhasil membangun 1.900 kilometer jalan tol, bagaimana dengan era sebelumnya yaitu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)? 

Mengutip dari pemberitaan, Kompas.com (21/12/2018), setidaknya ada 17 jalan tol yang diselesaikan selama 10 tahun pemerintahan SBY. 

Dari 17 jalan tol tersebut, empat di antaranya merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Bila dijumlahkan selama 10 tahun memimpin, Susilo Bambang Yudhoyono berhasil membangun 159,2 kilometer.

Nah, itulah sedikit fakta mengenai perbandingan pembangunan jalan tol era Presiden Jokowi dan SBY.

Terdapat selisih sekitar kurang lebih 1.700an kilometer antara pembangunan jalan tol era Presiden Jokowi selama 7 tahun dan mantan Presiden SBY memimpin selama 10 tahun.

Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Grand Teratai Sidoarjo.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
762 kali