Mural commuter-line di salah satu sudut rumah warga di Kampung Bekelir, Tangerang, Banten. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

Berlokasi di wilayah Kampung Babakan, Tangerang, Kampung Bekerlir cukup mencuri perhatian. Buat kamu yang tinggal di Tangerang atau berencana beli hunian di kawasan Tangerang, bisa berwisata kreatif di kampung yang jadi icon baru di kota ini. Boleh kamu catat, ini wisata kampung kreatif satu-satunya di Tangerang, sekaligus merupakan kampung mural pertama di Indonesia.

Diperkenalkan secara resmi oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, pada Kamis (16/11/2017), Kampung Bekelir merupakan Program CSR Pacific Paint.  Produsen cat ini adalah perusahaan cat ternama dan tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1943. Satu-satunya perusahaan Indonesia yang memproduksi cat dengan cakupan yang komprehensif, termasuk pelindung hasil akhir dan bahan kimia yang berkaitan dengan cat.

Baca juga: Kampung Berkelir, Semaraknya Hunian dengan Mural Warna-Warni

“Dalam setiap Program CSR yang kami jalankan, kami selalu bergandengan tangan dengan pemerintah dan tokoh masyarakat setempat, kami memberdayakan masyarakat,” kata Head of Marketing Pacific Paint, Ricky Soesanto.

Harapan Ricky, kehadiran Kampung Bekelir ini bisa berkontribusi positif bagi peningkatan ekonomi warga. “Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati seni mural yang terpajang di sepanjang tembok kampung ini. Pastinya hal ini dapat membuka peluang bisnis lain bagi masyarakat Kampung Bekelir,” tutur Ricky.

Ki-ka : Ricky Soesanto (Head of Marketing Pasific Paint), Abu Sofiyan (Lurah Babakan), Ibnu Jandi (penggagas Kampung Bekelir), dan Suryanto (Direktur Pasific Paint ) berfoto bersama saat meresmikan Kampung Bekelir di Tangerang, Banten, Kamis (16/11/2017). Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

Kampung Bekelir merupakan bagian dari acara perayaan 75 tahun Pacific Paint. Juga merupakan ungkapan terimakasih kepada masyarakat Indonesia yang telah setia menggunakan cat Pacific Paint untuk rumah dan bangunannya. Bergandengan tangan dengan Pemerintah Daerah, produsen cat ini juga berkomitmen memberdayakan potensi daerah.

Di kawasan RW 1 dengan 300 rumah, semua dinding rumah dihias dengan mural dan graffiti tematik yang bercerita tentang sejarah dan kearifan lokal. Dinding rumah di masing-masing lorong mengusung tema tak sama. Maka jadilah ratusan mural dan graffiti yang indah yang bisa dipandang mata.

Kampung Bekelir jadi obyek wisata baru yang kekinian. Kehadirannya melengkapi obyek wisata lain yang tak jauh dari lokasi Kampung Bekelir, yakni Pasar Lama, Kali Cisadane, dan Klenteng Tua Boen Tak Bio. Di kawasan ini, para pelancong selain bisa menikmati wisata kuliner, wisata edukasi UMKM lokal (emping jengkol, tauge kacang hijau, sayuran hidroponik, bank sampah dan sebagainya), juga wisata mural warna-warni di Kampung Bekelir.

Warga melintas di antara jejeran mural di Kampung Bekelir, Tangerang, Banten. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

Kelurahan Babakan, khususnya di RW 1, menjadi lebih indah dan menarik. Padahal, awalmya kawasan ini merupakan kampung kumuh di daerah Tangerang  yang terdiri atas 4 RT, 300 Kepala Keluarga, dengan jumlah penduduk sekitar 1.100 jiwa.

Lebih dari 100 seniman, baik lokal maupun mancanegara, ikut melukis mural untuk Kampung Bekelir ini. Pacific Paint memasok seluruh kebutuhan cat untuk pengecatan dan pembuatan mural. Momen ini tak disia-siakan oleh para seniman untuk mengekspresikan daya kreativitas mereka.

Baca juga: Tol Kunciran-Serpong Bikin Tangerang Semakin Jadi Kota yang Maju

Adapun penggagas ide Kampung Bekelir antara lain adalah Ibnu Jandi, S.Sos, MM, seorang konseptor dan pemerhati masalah kebijakan publik dan sebagai penggerak di lapangan.  Sedangkan Lurah Babakan, H. Abu Sofiyan, SE, Msi, sebagai motivator pengubah stigma Kampung Babakan sebagai kawasan kumuh menjadi kampung wisata yang berprospek.

Selain Kampung Bekelir, sebelumnya Pacific Paint telah menjalankan Program CSR lainnya yaitu Pengecatan 100 tempat Ibadah Se-Jabodetabek (dalam 50 hari) yang meraih Rekor MURI.

Ki-ka: Ricky Soesanto (Head of Marketing Pasific Paint), Abu Sofiyan, (Lurah Babakan), Ibnu Jandi (penggagas Kampung Bekelir), dan Suryanto (Direktur Pasific Paint) saat memberikan keterangan pers mengenai Kampung Berkelir di Tangerang, Banten, Kamis (16/11/2017). Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto.
Bagikan:
2338 kali