Foto: iStock Photo Foto: iStock Photo

Barang bekas seperti botol, koran bekas, gantungan baju, ban, dan lainnya masih bisa berguna kok. Asalkan kamu kreatif, barang-barang ini bisa dimanfaatkan dan dijadikan apa saja lho.

Ketimbang menambah tumpukan sampah, kamu hanya membutuhkan polesan kreatif untuk memanfaatkan barang bekas, salah satunya ban bekas.

Ban sepeda, motor, atau mobil yang sudah tidak layak pakai bisa diolah lagi. Hmm, bisa jadi apa saja ya.

Baca juga: Perkakas dari Barang Bekas

a. Ayunan

Ayunan dengan dudukan ban? Pasti pernah lihat dong. Atau kamu malah sering menggunakannya? Kamu bisa memanfaatkan ban bekas sebagai bantalan ayunan agar menjadi lebih empuk.

b. Pot Tanaman

Wah, jadikan rumah dan lingkungan kamu menjadi hijau kembali dengan memanfaatkan ban sebagai pot tanaman. Mudah dan murah meriah, bukan? Apalagi ban bisa memuat banyak tanaman.

c. Kolam Ikan Sederhana

Ban bekas mobil paling cocok untuk pembuatan kolam ikan. Caranya mudah saja, gali tanah hingga kedalaman 5-6 senti. Kemudian lapisi dengan plastik bening sebelum ban tersebut diletakkan. Dan tutup lubang sekitar kembali. Setelah itu, taruh ikan dalam kolam.

Baca juga: Hiasan Dinding dari Barang Bekas

d.  Meja dan Kursi

Siapkan saja papan dari kayu dan kemudian bentuk lingkaran, lantas berikan lem perekat yang kuat. Langsung deh ban bekas motor atau mobil ini berfungsi menjadi meja dan kursi.

e. Bemper Perahu

Pasti kamu sering lihat pada badan perahu terdapat ban bekas. Ini berfungsi banget ketika kapal bersandar dan tidak menyebabkan benturan sehingga tidak terjadi keretakan badan kapal. (dad)

Bagikan: 1770 kali