tol bali- rumah123.com Ilustrasi Jalan Tol. Pemerintah Berencana untuk Membangun Lima Jalan Tol di Bali. Salah Satunya Adalah Tol Gilimanuk-Denpasar. Bali Baru Memiliki Satu Jalan Tol yang Melewati Laut (Foto: Rumah123/REA Adobe Experience Manager)

Pemerintah berencana untuk membangun 16 jalan tol di Bali. Lima di antaranya akan segera dibangun. Salah satunya adalah Tol Denpasar-Gilimanuk.

Bali akan memiliki sejumlah jalan bebas hambatan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan rencana tersebut.

Laman berita online Kompas.com menyitir pernyataan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Dia menyatakan rencana pembangunan lima ruas tol baru di Bali. Ada rencana untuk membangun 16 ruas tol.

Baca juga: Tarif Tol Ujung Pandang Disesuaikan Mulai 31 Januari 2020

Basuki melanjutkan bahwa ada rencana untuk membangun 16 ruas tol. Saat melihat tata ruang, baru ada lima ruas yang disepakati dan disetujui. Dua di antaranya adalah ruas Tol Denpasar-Gilimanuk dan Tol Gilimanuk-Tabanan.

Basuki mengungkapkan hal ini pada pekan lalu. Dia baru saja melakukan pertemuan dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) Suharso Monoarfa serta Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Peter Szijjarto di Kementerian PUPR.

Tol Denpasar-Gilimanuk Masih Dalam Kajian

Basuki melanjutkan salah satu ruas tol yang bakal dibangun adalah Tol Denpasar-Gilimanuk. Ruas ini merupakan prakarsa dari badan usaha jalan tol (BUJT) atau investor.

Rencana ruas ini baru masuk pada tahap tata ruang. Ada investor yang mengusulkan, namun memang belum diputuskan karena masih dalam kajian.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyatakan rencana pembangunan Tol Denpasar-Gilimanuk masih dalam tahap proses pengajuan prakarsa dari BUJT.

Baca juga: 1 Februari 2020, Tol Dalam Kota Jakarta Berlakukan Tarif Baru

Investor telah melakukan kajian. Hasil dari penelitian itu terkait kebutuhan masyarakat terhadap kehadiran jalan tol. Tol Denpasar-Gilimanuk akan dibangun di darat. Tol ini akan menjadi penghubung dengan Pulau Jawa dan akan terintegrasi dengan angkutan penyeberangan.

Gilimanuk berada di Kabupaten Jembrana, Bali. Gilimanuk memiliki Pelabuhan Gilimanuk yang merupakan pelabuhan yang menghubungkan Bali dengan Jawa yaitu Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Denpasar merupakan ibu kota provinsi Bali. Selama ini, konektivitas kedua kota ini dihubungkan oleh jalan biasa.

Bali Telah Memiliki Jalan Tol yang Berada di Laut

Sebenarnya, Bali telah memiliki jalan tol. Ruas tol ini malah berada di laut. Tol ini bernama Tol Bali Mandara atau Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan tol laut ini pada 23 September 2013.

Tol ini melewati Teluk Benoa sepanjang 12,7 kilometer. Tol ini menghubungkan Denpasar dan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Nusa Dua, dan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Ruas tol ini dibangun untuk mengatasi kemacetan di Jalan By Pass Ngurah Rai. Jalan ini menjadi jalan satu-satunya menghubungkan kawasan utara dan selatan dari bandara.

Baca juga: Jangan Sampai Lupa, Penyesuaian Tarif Baru Tol Cipali Berlaku Mulai 3 Januari 2020

Jalan By Pass Ngurah Rai tidak bisa diperlebar lagi karena keberadaan landas pacu bandara. Alhasil, Tol Bali Mandara dibangun di atas laut.

Bali sendiri merupakan destinasi utama wisata di Indonesia. Wisatawan asal China, Australia, dan beberapa negara lainnya mendominasi turis asing.

Bagikan:
1322 kali