Ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang Berada di Lampung Menjadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia. Panjang Jalan Ini Mencapai 140,9 Kilometer dan Mengalahkan Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Foto: Rumah123/Tribunnews)

Ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar resmi menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Jalan ini memiliki panjang 140,9 kilometer.

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera yang memiliki panjang sekitar 2.770 kilometer. Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ini pada Jumat (08/03/2019).

Badan usaha milik negara (BUMN) PT Hutama Karya (Persero) mengerjakan proyek ini. Sebenarnya, proyek ini sudah dimulai sejak 2012 pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga: Sebelum Masuk Tol Trans Jawa, Pastikan Saldo E-Toll Masih Banyak

Ujung paling selatan jalan tol ini bermula dari Bakauheni yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Sementara ujung paling utara jalan ini berlokasi di Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

Ruas tol ini memiliki empat seksi pengerjaan. Ruas ini juga mempunyai sembilan simpang susun dan sepuluh gerbang tol.

Jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini memiliki panjang 140,9 kilometer. Jalan ini pun menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Baca juga: Ga Usah Maksa Jalan Non Stop di Tol Trans Jawa, Bakal Ada Hotel di Rest Area Lho

Sebelumnya, ruas tol terpanjang adalah Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali yang berada di Jawa Barat dan mempunyai panjang 116,75 kilometer. Ruas ini merupakan bagian dari Trans-Jawa.

Rencananya, jalan ini akan digunakan untuk arus mudik dan balik pada Idul Fitri 2019. Apalagi, ada rencana menyambungkan ruas ini dengan ruas tol ke Palembang, Sumatera Selatan pada Juni 2019.

Buat kamu yang mudik ke Sumatera, kayaknya kamu sudah bisa mencoba ruas jalan tol ini gaes. Jangan lupa untuk mematuhi peraturan saat berkendara, jangan ngantuk, waspada selalu ya gaes.

Baca juga: Sudah Tahu Kalau Gerbang Tol Cikarang Utama Akan Direlokasi

Bagikan: 10827 kali