Ilustrasi Foto: Rumah123/Gretty
 

Buat kamu yang tinggal di Tangerang atau berencana beli rumah di kota yang semakin berkembang ini, mesti tahu perihal pembangunan kawasan Transit Oriented Development (TOD) Poris Plawad. Sebenarnya sih Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan membangun empat kawasan berorientasi TOD, yakni di Terminal Poris Plawad (Tangerang), Jatijajar (Depok), Baranangsiang (Bogor), dan perbatasan Lebak Bulus (Tagerang Selatan). Tapi, pembangunan TOD Poris Plawad diprioritaskan lho!

Kenapa pembangunan TOD Poris Plawad diutamakan? Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, seperti dikutip Harian Kompas, Sabtu (24-3-2018), Kota Tangerang merupakan kawasan strategis nasional. Selain itu, juga mobilitas orang dari Tangerang ke Jakarta termasuk tinggi sehingga berpengaruh terhadap kepadatan lalu-lintas.

Baca juga: Ada Rumah Rp100 Jutaan di Tangerang, Dekat Stasiun Lagi, Mau?

Menurut Bambang, pembangunan TOD Poris Plawad akan terintegrasi dengan Stasiun Batu Ceper di seberangnya. Juga terintegrasi dengan proyek lanjutan jalur layang bus Transjakarta Tendean-Ciledug ke Central Business District (CD) Ciledug.

Pemerintah Kota Tangerang sudah menyediakan lahan seluas 4,9 hektare. Seluas 1,9 hektare dari luas lahan tersebut untuk pembangunan TOD dan sisanya untuk menunjang TOD. Bangunan TOD Poris Plawad bakal terdiri atas empat lapisan. Pertama, tempat perpindahan transportasi anatarmoda. Kedua, area komersial. Ketiga, perkantoran. Keempat, apartemen.

Baca juga: Horeee… 17 Bulan Lagi Lebak Bulus-Bundaran HI Cuma 30 Menit Lho!

Tau gak kamu, nantinya kalau TOD Poris Plawad yang direncanakan rampung pada 2020 ini difungsikan, akan ada delapan moda angkutan massal yang terlayani. Mau tau apa aja? Yakni angkutan kota, bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP), bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP), bus Transjakarta, LRT, Kereta Bandara, dan KRL Tangerang-Duri.

Jadi, buat apa beli mobil, jalur angkutan umum bakal beragam. Kamu tinggal pilih mau pake moda transportasi yang mana. Kalau ke mana-mana bisa pake angkutan umum, duitnya bisa dialokasikan buat dana beli rumah. Beli rumah ajalah sekarang!

Bagikan: 4543 kali