Rumah susun sewa (Rusunawa) Rawa Bebek, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, merupakan contoh hunian vertikal bagi warga yang belum punya rumah yang dibangun Pemkot DKI Jakarta. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea
 

Buat kamu yang berstatus sebagai abdi negara, yakni Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polisi Republik Indonesia (Polri) yang belum punya rumah, pemerintah sedang menyiapkan hunian tanpa uang muka atau Down Payment (DP). Total ada 1.580.000 hunian yang dianggarkan dengan rincian: 945 ribu ASN, 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri.

Berikut beberapa poin tentang hunian DP 0% yang sedang disiapkan pemerintah seperti dikutip dari detikfinace, Kamis (12-7-2018):

Lokasi Hunian

Menurut Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Arie Yuriwin, pemerintah akan memanfaatkan aset-aset lahan yang ada. Semisal merevitalisasi rusun di Kemayoran, yang tadinya cuma 7 lantai jadi 12 lantai. Secara umum, beberapa lahan luas milik negara mulai di Kemayoran, Jatinegara, hingga lahan TNI di Jakarta Timur (TNI-AU punya banyak lahan), bisa dimanfaatkan.

Akan tetapi, hal tersebut masih dalam wacana, aturannya harus disiapkan dulu, Menko Perekonomian nnati yang akan menyiapkannya. Bagian ATR nanti sebagai melaksanakan konsolidasi tanah dan pengadaan tanah.

Baca juga: Khusus PNS, TNI, dan POLRI Ada Rumah DP 0 Persen. Bukan Kampanye Kok!

Jenisnya Hunian Vertikal, Bukan Rumah Tapak

Karena terbatasnya lahan, pemerintah akan kesulitan menyediakan rumah dengan jumlah banyak bila bentuknya rumah tapak. Maka itu, sluruh rencana penyediaan rumah tanpa DP untuk PNS, TNI/Polri ini akan didesain secara vertikal. Kalaupun ada aset-aset pemerintah yang berupa rumah tapak, akan direvitalisasi menjadi hunian vertikal.

Ada 2 Skema: Rumah Dinas dan Rumah Milik

Rumah DP 0% yang akan dibangun pemerintah buat ASN, TNI, dan anggota Polri akan dilakukan dalam 2 skema, yakni rumah dinas dan rumah pribadi atau rumah milik. Perbedaan dari 2 skema tersebut nantinya dapat dilihat dari status hak lahan yang dimanfaatkan, yang kesemuanya masih harus diperhitungkan lagi.

Semisal rusun kan juga bisa jadi hak milik meskipun itu tanahnya HPL (Hak Pengelolaan Lahan). Kalau Kemayoran atas nama Setneg, nanti HGB-nya atas nama Perum Perumnas, nanti diberikannya hak milik satuan rumah susunnya.

Baca juga: Pembangunan Rusun dan Rusus TNI Terus Dilanjutkan

Rumah dinas rencananya lebih diberikan kepada pejabat Eselon I, II, dan III. Hal ini karena sampai saat ini pemerintah belum memberikan fasilitas hunian bagi para pejabat tersebut. Semisal ada Eselon I orang Yogya dimutasi ke Jakarta, dan dia belum punya rumah pribadi di Jakarta, maka pemerintah seharusnya memberi fasilitas hunian dinas.

Sedangkan rumah pribadi akan dibangun untuk para PNS yang nantinya memasuki masa pensiun, tapi belum punya rumah milik. Contoh skemanya, ada satu hamparan tanah di Kemayoran dibangun 4 menara: 1 menara rumah dinas, yang 3 menara adalah rumah hak milik. Jadi, kalau mereka keluar dari rumah dinas, mereka bisa beli rumah dinas tersebut.

Pembiayaannya 

Penyediaan rumah pribadi bagi ASN, TNI, anggota Polri nantinya bisa dibantu dengan sejumlah fasilitas-fasilitas yang telah ada, mulai dati skema DP Rp0 hingga bantuan dari Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Baca juga: Rumah DP Nol Rupiah Buat PNS dan TKK di Kota Bekasi, Mau?

Pembangunannya Dimulai di Jakarta sebagai Percontohan (Pilot Project)

Saat ini pemerintah masih terus membahas rencana ini dengan menjadikan Jakarta sebagai percontohan. Bila berhasil, pemerintah akan menyediakan rumah tanpa DP untuk PNS, TNI/Polri, di seluruh wilayah Indonesia.

Keberhasilan diterapkannya rencana ini di Jakarta, bisa mendorong daerah-daerah lain untuk mengikuti skema tersebut. Sebab, Jakarta merupakan Ibu Kota yang sudah sangat terbatas persediaan lahannya.

Diutamakan untuk Para Pengajar atau Guru

Pada dasarnya rencana pemerintah untuk membangun rumah tanpa DP bagi PNS, TNI/Polri lebih diutamakan kepada para tenaga pengajar. Nantinya tenaga-tenaga pengajar berstatus PNS yang tersebat di berbagai wilayah Indonesia bakal bisa memiliki rumah. Namun, pemerintah masih menjadikan Jakarta sebagai daerah percontohan.

Masih Dalam Rencana dan Pembahasan

Penyediaan rumah DP 0% bagi ASN, TNI, dan anggota Polri ini kesemuanya masih dalam tahap rencana dan pembahasan. Diperkirakan rencana ini baru bisa mulai berjalan paling cepat pada tahun depan. Setelah tahap pra, nanti akan dibentuk tim panitia, anggaran dari APBN, dan seterusnya.

*

Bagikan: 2171 kali