Jalan Tol Trans-Sumatera di wilayah Medan. Foto: Rumah123/Dok. Biro Komunikasi Publik-Kementerian PUPR

  

Palembang ke Bengkulu saat ini total panjang jalan nasionalnya 477 kilometer (Km). Rinciannya, jalan nasional Indralaya-Muara Enim 143 Km. Muara Enim-Lubuk Linggau 193 Km, dan Lubuk Linggau-Bengkulu 141 Km.

"Dengan adanya jalan tol, waktu tempuh (Palembang-Bengkulu) untuk 147 kilometer akan terpangkas,” kata Manajer Proyek Divisi Tol PT Hutama Karya, Hasan Turcahyo, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (17-10-2018).

Jalan tol sepanjang 330 Km yang menghubungkan Kota Palembang dengan Kabupaten Curup, Provinsi Bengkulu, tersebut akan dikerjakan PT Hutama Karya pada Januari 2019.

Baca juga: Tahun Depan, 3 Ruas Tol Trans Sumatera Ini Bisa Dilewati!

Jalan Tol Palembang-Bengkulu tersebut mencakup empat ruas:

Palembang-Indralaya (Palindra) sepanjang 22 Km (sudah beroperasi).

Indralaya-Muara Enim 88 Km.

Muara Enim-Lubuk Linggau 125 Km.

Lubuk Linggau-Bengkulu 95 Km.

Pengerjaan jalan tol tersebut akan diprioritaskan di ruas utama: Indralaya-Muara Enim dan Lubuk Linggau-Bengkulu. "Sementara Muara Enim-Lubuk Linggau baru akan dilaksanakan pada 2023," kata Hasan.

Kalau sekarang ini, masih dilakukan studi kelayakan, analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), desain awal, dan dokumen perencanaan pengadaan tanah. "Pembangunan tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang diprioritaskan pada 2019-2023,” kata Hasan

Bagikan: 1615 kali