OK

Bak Putra Mahkota, Ini Perbandingan AHY dan Gibran dalam Berpolitik. Siapa Lebih Dewasa?

19 Juli 2022 · 4 min read · by Reyhan Apriathama

gibran_pidato

Sumber : Inews.id dan Alinea.co.id

Simak perbandingan AHY dan Gibran Rakabuming dalam berpolitik maupun kesehariannya. Siapa lebih dewasa? Simak selengkapnya di sini!

Menjadi Putra Mahkota bukan hanya sekadar gelar, melainkan juga berbagai tanggung jawab yang diemban untuk kemajuan struktural.

Hal ini terlihat jelas pada Agus Harimurti Yudhoyono dan Gibran Rakabuming yang memiliki predikat sebagai Putra Mahkota Presiden.

Untuk diketahui, keduanya sama-sama politisi namun memiliki berbagai latar belakang yang jauh berbeda.

Baik Agus Harimurti Yudhoyono dan Gibran Rakabuming masing-masing memiliki penggemar tersendiri, khususnya di media sosial.

Keduanya juga memiliki karier politik yang masih sangat panjang sehingga sangat diperhitungkan setidaknya hingga 10 tahun mendatang.

Lantas, seperti apa perbandingan AHY dan Gibran yang punya reputasi baik di media sosial dengan publisitas tinggi? Simak pembahasannya bersama-sama!

Perbandingan AHY dan Gibran Rakabuming, Siapa yang Lebih Digemari Warganet? 

Kamu bisa cari tahu beberapa perbandingan kedua Putra Mahkota Presiden secara lengkap berikut ini.

1. Latar Belakang 

Agus Harimurti Yudhoyono

Sumber : Fajar.co.id

Perbandingan AHY dan Gibran pertama yang sangat kontras ada pada sisi latar belakang karier sebelum masuk dunia politik.

Sebab, AHY punya latar belakang militer yang sangat kuat sebelum memutuskan ikut kontestasi Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2016 silam.

Peraih Adhi Makayasa Tri Sakti Wiratama 2000 ini memiliki latar belakang Infanteri Kopassus dengan penugasan militer di Lebanon.

Gibran Rakabuming

Sumber : Blog.amartha.com

Sementara, Gibran Rakabuming punya latar belakang sebagai pengusaha katering dan makanan yang cukup maju dalam beberapa tahun ke belakang.

Tak hanya usaha makanan dan katering, Gibran juga sempat memberikan kursus Bahasa Inggris gratis di wilayah Surakarta.

Dari sisi keduanya, Gibran memiliki latar belakang pengusaha sementara AHY berada dari kalangan militer.

2. Karier Politik 

AHY Cagub

Sumber : Bisnis.com

Perbandingan AHY dan Gibran yang cukup kontras dimulai dari awal karier politik, di mana AHY memutuskan pensiun dini untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

Meski gagal, karier AHY sebagai politisi Partai Demokrat milik sang Ayah justru terus berlanjut hingga ia ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai berwarna biru tersebut.

Gibran Kampanye

Sumber : Gatra.com

Lain halnya dengan karier politik Gibran yang memulai kariernya sebagai anggota dari PDIP, kemudian mengikuti bakal calon Wali Kota Surakarta periode 2020 – 2025.

Pada perjalanan kariernya, Gibran juga sempat terhalang oleh isu praktik politik dinasti yang dilakukan oleh keluarga Joko Widodo saat menjabat sebagai Presiden.

3. Elektabilitas 

Pidato AHY

Sumber : YouTube/CNN Indonesia

Tak bisa dipungkiri jika elektabilitas keduanya sangat berpengaruh dalam memperoleh suara untuk kontestasi politik.

Untuk diketahui, Agus Harimurti Yudhoyono sedang berjuang keras untuk meningkatkan elektabilitasnya dalam Pemilihan Presiden 2024.

Saat ini, elektabilitas AHY dalam kontestasi politik 2024 masih berada di angka 5,1% dan angka tersebut masih jauh dari kandidat lainnya khususnya Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Gibran sehari-hari

Sumber : Merdeka.com

Lain halnya dengan Gibran Rakabuming, meski baru menjabat sebagai Wali Kota Surakarta selama hampir 1,5 tahun namun elektabilitasnya terus meroket.

Masuk dalam bursa Pemilihan Gubernur DKI Jakarta dan Jawa Tengah, elektabilitas Gibran Rakabuming berada di atas angin bahkan mencapai lebih dari 28,5%.

Dengan nilai elektabilitas yang tinggi, Gibran punya modal yang sangat menarik sebagai calon presiden di masa depan. 

4. Perbandingan Generasi 

Gibran AHY

Sumber : Bisnis.com

Perbandingan AHY dan Gibran berikutnya yang bisa kamu ketahui adalah perbandingan generasi dari keduanya.

Sebab, AHY berada di generasi X karena kelahirannya di 1978 sementara Gibran berada dalam generasi milenial yang lahir pada 1987.

Perbandingan generasi tersebut tampak jelas dari sisi penampilannya sehari-hari, di mana AHY cenderung lebih formal dan kaku dalam setiap pertemuan dengan banyak orang penting.

Lain halnya dengan Gibran Rakabuming, ia cenderung memiliki penampilan yang lebih santai dalam berbagai kesempatan, baik sebelum menjadi wali kota maupun sesudah menjadi wali kota.

Itulah beberapa perbandingan AHY dan Gibran mulai dari latar belakang, keseharian hingga cara berpolitik.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti LRT City Cibubur, hanya di Rumah123.com yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Reyhan Apriathama
Reyhan Apriathama

Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.