OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Bahaya Tower Sinyal Dekat Rumah yang Perlu Diperhatikan, Hati-hati!

31 Agustus 2022 · 4 min read Author: Nik Nik Fadlah

Bahaya Tower Sinyal Dekat Rumah

Ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh tower sinyal yang terletak di dekat rumah. Apa saja?

Pernahkah kamu melihat menara tinggi yang terbuat dari besi dan biasanya ditempatkan di lahan kosong? Jika iya, menara tersebut dikenal sebagai base transceiver station (BTS) atau tower sinyal.

Sejatinya, tower BTS adalah sebuah menara pemancar sinyal yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator seluler. 

Menara BTS memang memiliki peran yang amat krusial dalam teknologi komunikasi. Namun sayangnya, tower sinyal terkadang ditempatkan pada area lahan yang tidak jauh dari permukiman.

Ini pun menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat setempat. Sebab, ditakutkan menara BTS dekat rumah bisa menimbulkan bahaya. Terutama dampaknya bagi kesehatan.

Agar memahami lebih dalam mengenai bahaya tower sinyal yang terletak di dekat rumah, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pendirian Tower Sinyal di Dekat Pemukiman Penduduk

tower sinyal

Sumber: Kompas.com

Dilansir dari laman baktikominfo.id, tower BTS memiliki fungsi utama untuk menerima sinyal radio ke berbagai perangkat komunikasi seperti halnya telepon seluler, telepon rumah, dan perangkat lainnya.

Biasanya, tower BTS terbuat dari material besi atau pipa. Bentuknya pun bisa bervariasi, bisa berbentuk segi empat pada bagian bawahnya, segitiga, atau bahkan hanya berbentuk pipa panjang saja. 

Pada umumnya, pendirian tower BTS diletakkan di area sekitar bangunan atau permukiman masyarakat, mengingat tugas utamanya untuk memudahkan komunikasi yang terpisah oleh jarak dan waktu.

Setiap daerah memiliki panjang tower yang berbeda. Bergantung dari kondisi geografis dan luas jangkauan yang ditargetkan.

Apa Saja Syarat Pendirian Tower Sinyal?

Berikut adalah berbagai persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin mendirikan tower BTS.

  • Menara harus bisa digunakan bersama dengan tetap memerhatikan efektivitas penggunaan ruang
  • Pihak pendiri wajib untuk mengurus izin mendirikan bangunan (IMB)
  • Pembangunan tower harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk menjamin keamanan dengan memerhatikan faktor-faktor seperti ketinggian tower, area lahan, struktur dan rangka struktur dari tower, hingga kekuatan angin
  • Dilengkapi sarana pendukung, seperti halnya penangkal petir

Bahaya Tower Sinyal Dekat Rumah

bahaya tower sinyal dekat rumah

Sumber: Angkaberita.id

Dilansir dari berbagai sumber, adapun bahaya yang bisa ditimbulkan oleh tower BTS yang terletak di dekat area pemukiman adalah:

1. Risiko Terjadinya Kebakaran

Meskipun sudah memerhatikan berbagai aspek dalam pembangunannya. Tidak menutup kemungkinan jika tower BTS mengalami masalah teknis.

Salah satunya adalah korsleting listrik yang jika tidak segera diantisipasi bisa menyebabkan kebakaran. 

Kebakaran bisa berdampak pada jaringan telekomunikasi. Namun apabila tidak segera ditangani, ditakutkan api bisa menjalar ke area pemukiman warga dan tentunya ini sangat berbahaya.

2. Roboh

Tower sinyal dibangun dengan sangat tinggi agar bisa menjangkau area yang luas.

Sejatinya, tower BTS memang dibangun sesuai standar.

Namun adakalanya, faktor eksternal menyebabkan masalah pada konstruksi bangunannya. 

Misalnya saja, baut pengikat tiang yang terlepas akibat cuaca. 

Apabila tower BTS jaraknya sangat dekat dengan rumah atau bangunan, ini berisiko menimpa bangunan di dekatnya.

3. Dampak Buruk Tower Sinyal Dekat Rumah Bagi Kesehatan

Salah satu kekhawatiran terbesar masyarakat dengan adanya tower sinyal di dekat rumah adalah bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kanker.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa gelombang yang dipancarkan oleh tower sinyal bisa menyebabkan kanker pada manusia. 

4. Sengatan Listrik

Sengatan listrik bisa terjadi akibat kontak langsung dengan kabel yang tidak terlapisi isolator, sambaran listrik dari kabel listrik tegangan tinggi, atau adanya korsleting aliran listrik.

Semakin dekat rumah dengan tower BTS, tingkat bahaya pun bisa semakin tinggi.

5. Sambaran Petir

Tak jarang, tower BTS dianggap kerap memicu sambaran petir ketika turun hujan. 

Meskipun sudah dilengkapi dengan sarana pendukung untuk menangkal petir, tidak menutup kemungkinan hal ini dapat terjadi.

Berapa Jarak Aman Tower Sinyal dengan Area Pemukiman?

Jika menara memiliki ketinggian 45 meter, jarak aman untuk pemukiman warga adalah 20 meter, untuk area komersial sejauh 10 meter, dan 5 meter dari area industri.

Namun, apabila menara memiliki ketinggian lebih dari 45 meter, maka jarak aman dari pemukiman harus sejauh 30 meter, 15 meter untuk area komersial, dan 10 meter untuk area industri. 

Semakin rendah tower BTS, maka tingkat keamanannya pun semakin tinggi.

Itulah informasi lengkap mengenai tower sinyal, mulai dari pengertian, syarat pendirian, hingga bahaya yang bisa ditimbulkan jika berada di dekat rumah.

Semoga informasi ini bisa membantu, ya!

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA