Bangunan yang Diubah oleh Fogarty Finger (Rumah123/Dezeen)

Gudang, pabrik, atau bengkel bisa diubah menjadi kantor atau hunian. Kalau di luar negeri sih, biasanya hal ini sudah lazim.

Sebuah bangunan yang pernah menjadi pabrik Alexander Thomson & Sons Pattern Makers diubah menjadi sebuah modern yang keren. Hunian ini berada di New Jersey, Amerika Serikat.

Baca juga: Percantik Mural Jadul dengan Tanaman dalam Pot, Wah Jadi Rame Deh

Bagian dalam bangunan masih menggunakan tiang kayu sebagai penyangga bagian tengah. Bagian ini masih dipertahankan saat bangunan beralih fungsi dari pabrik menjadi hunian.

Biro desain interior Fogarty Finger merancang ulang hunian menjadi modern, namun mempertahankan beberapa bagian lama. Fogarty Finger merupakan firma yang berkantor pusat di New York, AS.

Baca juga: Rumah Jadul Bisa Berharga Mahal Lho, Yuk Investasi Properti

“Desain arsitektur ditujukan untuk mengubah pabrik bersejarah menjadi hunian modern, di samping juga menjaga kelestarian detil klasik,” ujar Fogarty Finger kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Material kayu yang menjadi penyangga bangunan tetap dipertahankan. Bagian ini dipoles ulang sesuai warna kayu.

Baca juga: Eksterior Boleh Jadul Tapi Interior Jaman Now Dong

Bagian ini juga menutupi langit-langit bangunan. Material kayu berwarna coklat ini berpadu dengan desain interior baru yang modern.

Seluruh dinding mendapatkan aplikasi cat putih. Sebenarnya, bagian lantai yang merupakan beton juga dipertahankan. Bagian lantai ini merupakan beton ekspos.

Baca juga: Rumah Boleh Jadul, Tapi Desain Interior Tetap Modern

Rumah ini memiliki empat kamar tidur. Sejumlah fasilitas lainnya berada dalam hunian ini seperti dapur, ruang makan, ruang penyimpanan pakaian, ruang kerja, kolam renang, sauna, ruang tidur tamu, ruang penyimpanan wine. dan lainnya.

Kalau kamu memiliki rumah jadul, kamu nggak perlu mengubah seluruhnya. Kamu bisa mempertahankan beberapa bagian rumah untuk memperkuat keunikan hunian.

Baca juga: Ketika Si Jadul Akur dengan Si Futuristik

Pabrik yang Dialihfungsikan Menjadi Rumah oleh Fogarty Finger (Rumah123/Dezeen)
Fogarty Finger Mempertahankan Beberapa Bagian dalam Bangunan Tua Ini (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 747 kali