Di Giethoorn, Penduduknya Tidak Menggunakan Kendaraan Bermotor Melainkan Perahu, Sepeda, Atau Berjalan Kaki (Rumah123/Get Your Guide)

Kota di masa modern tentunya identik dengan kendaraan bermotor. Mobil dan motor mendominasi jalanan sebuah kota. Tapi, apa jadinya kalau sebuah kota minus semua ini?

Giethoorn adalah sebuah kota di Belanda yang memiliki julukan Venice of the North atau Venesia dari Utara. Para penduduknya bepergian menggunakan kapal memanfaatkan jaringan kanal serta jalur sepeda.

Baca juga: Jepang dan Belanda Punya Parkir Sepeda Terbesar di Dunia, Kalau Indonesia Kapan Ya?

Kota ini menjadi segelintir kawasan yang tidak memiliki kendaraan bermotor. Lebih tepatnya sih melarang mobil dan motor wira wiri di jalan.

Sudah banyak kota di dunia yang mengalami masalah pelik soal kendaraan bermotor. Mobil membuat jalan menjadi macet, polusi suara, dan polusi udara. Jakarta termasuk salah satunya kan, malah kemacetan di Jakarta termasuk yang parah di dunia.

Baca juga: Ini Dia Nih Transportasi Zaman Now, Berbagi Sepeda Ala Uber

Beruntung kalau pemerintah daerah DKI Jakarta membuat sejumlah terobosan seperti memberlakukan plat nomor ganjil genap, memperbanyak jalur busway atau TransJakarta, serta menyelesaikan jalur Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rapid Transit (LRT).

Beberapa kota besar seperti London (Inggris), Paris (Prancis), dan Seoul (Korea Selatan) mulai berinisiatif untuk melakukan beragam hal guna mengatasi masalah kendaraan bermotor dengan melarang kendaraan diesel hingga membuat jalan khusus untuk pejalan kaki.

Baca juga: Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

Namun, ada juga kota yang benar-benar tidak ada mobil dan motor. Kalau pun ada kendaraan bermotor, ya traktor untuk membajak sawah.

Kota tanpa kendaraan bermotor ini memang bermacam-macam. Ada beberapa kota tua yang melarang mobil untuk mengatasi polusi udara dan meningkatkan kunjungan wisata.

Baca juga: Hati-hati, Punya Rumah Dekat Jalan Raya

Ada yang karena keharusan seperti jalan sempit yang membuat mobil tidak bakal bisa melintas. Sementara ada juga kota yang memiliki jumlah penduduk sedikit dan mengandalkan transportasi seperti perahu, keledai, dan sepeda.

Nah, ada juga kota kanal yang memanfaatkan transportasi air melalui kanal. Kota yang paling terkenal sudah tentu adalah Venesia, Italia.

Baca juga: Atasi Polusi, Akhir 2018 Jerman Gratiskan Angkutan Umum. Indonesia Kapan?

Sebenarnya ada belasan kota lainnya yang benar-benar bebas kendaraan bermotor seperti Ghent (Belgia), Lamu (Kenya), Fire Island (Amerika Serikat), Zermatt (Swiss), Hydra Island (Yunani), Fes el Bali (Maroko), serta La Cumbrecita (Argentina).

Lantas masih ada Halibut Cove (Amerika Serikat), Dubrovnik (Kroasia), Island of Sark (Kepulauan Channel), Mackinac Island (Amerika Serikat), Civita di Bagnoregio (Italia), serta Giethoorn (Belanda), dan Venesia (Italia).

Sebenarnya, Indonesia juga memiliki kawasan serupa di Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Seperti apa tinggal di tempat tanpa mobil? Pastinya bebas polusi udara, aman naik sepeda, bebas polusi udara, dan masih banyak lagi.

Bagikan: 3633 kali