Astronot- Rumah123.com Sejumlah Astronot Seperti Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins Pernah Bertetangga Saat Masih Aktif Bekerja di Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kalau memiliki tetangga selebriti tentu menyenangkan, tetapi bagaimana rasanya bertetangga dengan para astronot? Mereka adalah segelintir orang pernah ke luar angkasa atau berjalan di Bulan.

Jika kamu mempunyai tetangga orang ternama, pastinya kamu akan bercerita kepada teman atau kerabat kalau tetangga kamu adalah penyanyi, pemain sinetron, bintang film, bintang iklan, pejabat, atau lainnya.

Namun, bagaimana ceritanya jika kamu bertetangga dengan para astronot? Mereka bukan orang sembarangan lantaran dilatih secara khusus untuk berada di luar angkasa atau bahkan berjalan di Bulan. Bisa jadi kamu akan bercerita kepada orang, “Tetangga saya pernah mampir ke Bulan lho.”

Baca juga: Jalan-jalan atau Tinggal di Mars ya? Ini Dia Pilihan Kekinian Buat Generasi Milenial

El Lago yang berada di negara bagian Houston, Amerika Serikat pernah menjadi kawasan yang dihuni oleh para astronot dan keluarganya pada 1960-an dan awal 1970-an.

Beberapa di antaranya adalah tiga orang yang ikut dalam misi Apollo 11 yang mendarat di Bulan. Mereka adalah Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins.

Kebetulan kawasan ini dekat dengan Manned Spacecraft Center yang kemudian dinamakan Johnson Space Center. Tempat ini merupakan lokasi pelatihan para astronot yang akan diberangkatkan ke luar angkasa oleh Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.

Baca juga: Mungkin Sudah Saatnya Kamu Tinggal di Mars

 

Komunitas Astronot dan Mereka yang Menjejakkan Kaki di Bulan

Armstrong sempat tinggal di El Lago, Houston hingga 1971. Lantas dia pensiun dan pindah lagi ke kota kelahirannya di Ohio. Dia sempat tinggal bersama istri pertamanya Janet Shearon dan putranya Mark Armstrong.

Situs Chron.com melansir ada enam astronot yang pernah tinggal di kawasan ini. Bahkan, beberapa masih tinggal di sana.

Mereka tinggal di area Timber Groove. Banyak yang menyatakan kalau kawasan ini adalah komunitas mereka yang berjalan di Bulan. Beberapa yang sempat tinggal di sana adalah mendiang John Glenn dan Jim Lovell.

Glenn adalah orang Amerika Serikat pertama yang mengorbit di luar angkasa serta mengitari Bumi sebanyak tiga kali. Lovell adalah salah satu dari 24 orang yang pernah diberangkatkan ke Bulan, namun dia tidak mendarat di satelit Bumi tersebut. Dia berada di wahana antariksa yang mengorbit di Bulan.

Saat itu, warga bisa melihat para astronot ini saat sedang berada di rumah, berjumpa di jalan saat menyetir mobil, atau ketika merapikan rumput halaman.

 

Astronot Mendapatkan Kemudahan Dari Developer

Pada 1965, perumahan Clear Lake City merilis brosur yang menyatakan ada 5.500 pegawai NASA yang tinggal di Houston. Hal ini menjadi nilai jual bagi perusahaan yang ingin membuka cabang di sini dan juga para penghuni baru. Harga hunian di sini hanya USD 16 ribu (Rp223 juta) dengan nilai tukar Rp13.900-an.

Beberapa astronot mendapatkan kemudahan saat membeli rumah. Hal ini terjadi lantaran perusahaan pengembang ingin beriklan kalau mereka membangun rumah-rumah untuk para astronot. Kapan lagi developer bisa beriklan seperti ini?

Kawasan ini memang ideal bagi para pegawai NASA dan astronot. Lokasinya dekat dengan kantor dan juga dekat sekolah. Keluarga dan istri bisa saling membantu saat ada masalah. Para keluarga bersosialiasi dan menghabiskan waktu bersama. Mereka bersatu karena tugas negara.

“Hmm, sepertinya mereka bukan orang yang aneh. Para astronot hanya tetangga biasa. Mereka bersahabat dan mereka melambai dan membunyikan klakson. Tidak ada hal yang spektakuler tentang itu,” ujar mantan pegawai NASA, Dick Gillen kepada Houston Chronicle.

Bagikan: 387 kali